Truk Tronton Melebihi Tonase Terjaring Razia

RUMPIN – Satlantas Polres Bogor melakukan razia terhadap kendaraan truk tronton yang melebihi tonase dan  kelengkapan surat-surat kendaraan. Razia dilakukan di Jalan Raya Rumpin Desa Sukamulya, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

“Operasi Gabungan melibatkan KBO Lantas Polres Bogor 30 anggota, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor 20 anggota dan Polisi Militer Bogor 10 personil tersebut, bertujuan untuk menertibkan kendaraan truk tronton yang melebihi muatan atau melebih tonase serta penertiban administrasi kendaraan,” kata AKP Hasby Ristama kanit Lantas Polres Bogor, Rabu, 23/8/2017.

Ia mengatakan, petugas memeriksa secara stasioner dan seluruh kendaraan truk yang melintas. “Ada 5 unit kendaraan truk yang diamankan dan 21 STNK dikenakan sangsi tilang,” Kata Hasby.

Menurutnya, kendaraan truk harus sesuai dengan tonase dan tidak melebih muatan, serta harus sesuai dengan buku KIR dan kelengkapan surat kendaraan, termasik Surat izin mengemudi.

 

“Polisi akan melaksanakan razia secara intensif baik pungli di jalan maupun truk-truk yang melebihi muatan karena penyebab jalan rusak, dan terjadinya kecelakaan lalulintas,” kata dia.

Sambungnya, kendaraan yang melakukan pelanggaran dikenakan sangsi tilang dengan menggunakan E- Tilang dan di kenakan UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan angkutan jalan. (mul).

Comments