Adang Suptandar Berantas Pungli, Jauhi Pungli Dan Malu Pungli

CIBINONG-

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Adang Suptandar menegaskan bahwa pembentukan tim unit satuan tugas saber pungli merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Bogor dalam mewujudkan Pemerintahan yang bersih dan berintegritas. Hal tersebut dikatakan Adang dihadapan para perwakilan SKPD, Kecamatan, RSUD, BUMD, dan Kepala Desa ketika membuka acara Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Ruang Serbaguna 1 Setda Kabupaten Bogor, Rabu (23/8).

Menurut Adang, pembentukan unit satuan tugas saber pungli selain mewujudkan pemerintahan yang bersih dan beritegritas, juga untuk meningkatkan disiplin aparatur dalam membudayakan nilai-nilai pelayanan yang optimal, bersih dan berwibawa dengan komitmen stop pungli, berantas pungli, jauhi pungli dan malu pungli.

“Jangan sampai ada pungutan liar yang dilakukan oleh aparatur di lokasi-lokasi yang menurut UU tidak dikenakan biaya. Lakukan pelayanan publik secara optimal, cepat, akurat, akuntabel dan dengan komitmen anti pungli, karena Unit tugas saber pungli akan melakukan pengawasan secara terintegrasi dari semua lini, sehingga sanksi hukum dapat diberlakukan secara efektif dengan payung hukum yang jelas,” terang Adang.

Ditambahkan Adang, saat ini tim saber pungli sudah melakukan 44 operasi tangkan tangan terhadap berbagai jenis di wilayah Kabupaten Bogor. Hal ini menjadi bukti keseriusan unit satgas saber pungli Kabupaten Bogor dalam memberantas pungli. Hasil operasi tersebut di satu sisi menjadi prestasi bagi satgas saber pungli, akan tetapi di satu sisi lagi men jadi potret buruk mental korup masyarakat.

“Pungutan liar adalah musuh kita bersama, saya himbau agar semua pihak untuk proaktif menolak secara tegas serta bekerjasama dengan unit satgas saber pungli untuk menginformasikan dan melaporkan kegiatan berbau pungli di lingkungan sekitar. Inget kita tidak main-main dengan pungli, 44 operasi tangan merupakan komitmen dan ketegasan kita dalam memberantas pungli,” tegas Adang.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir, Wakapolres Bogor Kompol Eko, Perwakilan Kabareskrim Mabes Polri Kompol Ahmad Yusuf Affandi, Pokja Yustisi Saber Pungli Jabar Junaedi, seluruh Kepal SKPD dan Camat di lingkup Pemkab Bogor.(Diskominfo/rul)

Comments