Warga Rumpin Kibarkan Bendera Raksasa di Atas Gunung Munara

RUMPIN – Warga Rumpin mengibarkan bendera merah putih berukuran raksasa di atas Gunung Munara, Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin. Bendera dengan ukuran panjang 20 meter dan lebar 10 meter tersebut, menyelimuti hampir separuh badan gunung yang menjadi kebanggaan warga Rumpin.

Pengibaran bendera raksasa di atas Gunung Munara Rumpin, merupakan rangkaian kegiatan peringatan Dirgahayu Republik Indonesia ke 72 tahun.

“Sebelumnya, bendera raksasa tersebut di arak oleh ribuan warga rumpin serta di beri penghormatan oleh Camat Rumpin Zulkifli, Danramil Rumpin, M. Hasan Bisri, serta Wakapolsek Rumpin AKP Suyono, pada hari selasa (15/0817), di ruas jalan Prada Samlawi sepanjang 5 Kilometer,” ujar Iman Firmansyah ketua panitia, kepada wartawan, Kamis, 17/8/2017.

Iman mengatakan, upacara pengibaran bendera tersebut di gagas oleh para komunitas penggiat alam, simpatisan dan relawan warga sekitar, dan di bantu oleh Muspika Kecamatan Rumpin. “Kurang lebih peserta sekitar 3000 orang yang mengikuti semarak upacara bendera raksasa,” katanya.

Warga Mengarak Bendera Raksasa aebelum dikibarkan di atas Gunung Munara Rumpin

Lebih lanjut Iman mengatakan, pengibaran bendera merah putih di bawa naik ke atas gunung Munara pada kemaren sore, dan langsung di kibarkan dan menutupi separuh batu belah munara.

Sementara itu, ketua LPM Desa Kampung Sawah Edi Koswara mengatakan, HUT RI Ke 72 di Kecamatan Rumpin sangat berbeda, bukan hanya upacara, tapi banyak kegiatan semarak lainnya, seperti mengarak bendera raksasa dan di kibarkan, pawai obor di malam harinya yang dilakukan oleh anggota pramuka.

“Berkibarnya bendera raksasa itu tiada lain hanya untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia, supaya tidak hilang jati diri bangsa,” pungkasnya. (Mul).

Comments