Fobia PKI Sang Proklamator Berkata: Tidak Dengan Menggorok Orang Komunis Bung

bogorOnline.com-

Terkait fobia komunisme yang saat ini kembali mencuat dan menjadi konsumsi publik. Kali ini bogorOnline.com mencoba mengutip perkataan dari Sang Proklamator Republik Indonesia (RI)
Ir Soekarno (Bung Karno) dihadapan delegasi Angkatan 45 yang datang ke Istana Merdeka.

“Kalau ingin menghilangkan komunisme, hilangkan ini gubuk-gubuk, ganti dengan rumah-rumah yang baik. Beri makan yang banyak, sandang-pangan yang cukup,” katanya.
Pendek kata, ujar Bung Karno, kalau sociaal economische verhoudingen kita baik, tidak bisa komunisme tumbuh. “Tidak dengan cara menggorok orang-orang yang dinamakan komunis.”

Tidak boleh tidak, kata Sukarno, meskipun tidak ada Muso, tidak ada Alimin, tidak ada Aidit, tidak ada Nyoto, tidak ada seorang pun yang memimpin mereka, aliran sosialisme atau komunisme atau marxisme, pasti-pasti-pasti-pasti-pasti timbul.
Bung Karno lantas bertanya, dimana tempatnya komunisme lahir? Di mana tempatnya marxisme lahir? Di mana tempatnya sosialisme lahir? Apakah di gedung-gedung swasta di Kebayoran?

“Lahirnya itu di sini, di kampung-kampung yang gubuk-gubuknya bocor. Lahirnya itu di tempat-tempat dimana ibu-ibu tidak bisa memberi air susu cukup kepada anak-anaknya. Di mana anaknya itu telanjang, ngesot di tanah, karena tidak punya pakaian. Di situlah tempat lahirnya sosialisme atau marxisme atau komunisme.(rul)

Sumber:http://sukarno.org/soal-fobia-pki-bung-karno-tidak-dengan-menggorok-orang-komunis/

Comments