Lapaknya Digusur PKL Puncak Didampingi Repdem Demo Pemkab Bogor, Diselesaikan Dengan Musyawarah

CIBINONG-

Ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) Puncak Bogor yang ditertibkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor kemarin. Berunjuk rasa bersama Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) depan gerbang Pemerintahan Bumi Tegar Beriman Pemda Cibinong Rabu (6/9/17).

Ketua Repdem Kabupaten Bogor Dody Achdy Suhada mengatakan, kedatangan pihaknya bersama para pedagang kecil saat ini guna menuntut Pemkab Bogor yang dipimpin oleh Nurhayanti. Bahwa dalam penggusuran PKL harus ada sistem perencanaan matang, jangan sampai setelah penertiban para pedagang tidak bisa berjualan. Hal tersebut menandakan bahwa Pemerintah Daerah tidak melakukan apa yang diperintahkan oleh Pusat. Salah satu contohnya adalah ketika ingin menggusur harus ada musyawarah dulu dengan para pedagang, terkait relokasi yang layak bagi pedagang.

“Kalau kejadian dipuncak inikan secara tiba-tiba saja mereka digusur. Menandakan Pemkab Bogor tidak hadir dan tidak mendukung kemajuan para pedagang kecil. Pedagang juga manusia yang memiliki hak dan kewajiban yang sama. Sehingga perlu adanya tempat yang baik bagi mereka dalam menjalankan perekonomian. Jangan asal gusur seperti yang dilakukan oleh Pol PP, tanpa adanya relokasi yang pasti,” tegas Dodi saat ditemui bogorOnine.com di lokasi.

Terpisah Kepala Bidang (Kabid) pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Pemkab Bogor Jona Sijabat menjelaskan, untuk para PKL yang melakukan demo saat ini itu sah-sah saja dalam hal menyapaikan pendapat meraka asalkan tetap tertib dan sesuai aturan. Apalagi pedagang tersebut menanyakan soal lahan relokasi ketika sudah digusur oleh si Penagak Perda kemarin. Bila terkait relokasi dirinya akan menjelaskan, Pemkab Bogor sudah menyediakan lahan bekerja sama dengan swasta. Kira-kira sebannyak tiga titik mulai dari Gunung Mas yang merupakan milik perusahaan swasta. Sementara satu lahan lagi berada di kawasan TWM. Dari lokasi itu yang paling memungkinkan untuk lahan relokasi adalah di Taman Wisata Matahari (TWM), bekerjasama dengan pihak ketiga. Pihaknya juga sudah berupaya dengan meminta kepada TWM, menjadi salah satu tempat untuk menampung PKL Puncak dan hasilnya sepakat.

“Kita sudah siapkan lahanya untuk pkl dan bukan digusur tapi digeser,” tambah Jona ditengah-tengah para pendemo hari ini.(rul)

Comments