Mahasiswa UNUSIA Kabupaten Bogor, Sidang Itsbat Dengan Warga Cisuuk

CISEENG-

Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA), Kabupaten Bogor, Prodi Ahwalus Syaksiyyah. Menyelenggarakan sidang itsbat nikah yang dilaksanakan di Kampung Cisuuk, DesaCibeteung Udik, Kecamatan Ciseeng yang terdiri dari 90 peserta dari berbagai RT.

Dalam giat tersebut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Pemkab Bogor. Beserta aparatur pemerintah kecamatan, desa dan beberapa tokoh masyarakat sekitar.

Ketua pelaksana Habib Bagir Al-Hamid menyampaikan, betapa pentingnya sidang itsbat ini karena untuk melegalkan administrasi negara sehingga peserta yang sudah terdaftar  bisa melakukan pergi haji, umroh, waris, membuat akte dan syarat untuk mendaftarakan anak di sekolah negeri. Untuk beberapa administrasi tersebut diperlukan buku nikah oleh sebab itu sidang itsbat sangatlah penting bagi warga Negara Indonesia.

“Sidang itsbat ini diperuntukan bagi masyarakat yang sudah menikah akan tetapi belum terdaftar di Kantor Urusan Agama. Karena tidak memenuhi persyaratan administrasi negara dan juga karena nikah sirih,” katanya.

Sambung Kepala Desa (Kades) Cibeteung Udik Bambang menambahkan, pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada Mahasiswa. Karena telah membantu serta mempermudah para warga Kampung Cisuuk. Sehingga mereka bisa memenuhi persyaratan dan mendapatkan buku nikah dari Kantor Urusan Agama (KUA), besar harapan dirinya selaku aparatur Pemerintah Desa. Agar kegiatan ini bisa berkesinambungan.

“Karena masih banyak sekali warga yang menikah sirih atau belum terdaftar, ” ujarnya.(rul)

Comments