Muliakan Muadzin, DKM Baitur Ridwan Berikan Tiket Umroh Dalam Lomba Adzan

Bogor – bogorOnline.com
Para muadzin perwakilan masjid masjid di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor, berdatangan ke Masjid Baitur Ridwan di Jalan KH Abdullah Bin Nuh, Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Minggu (10/9/17).
Sejumlah peserta lomba adzan datang untuk mengikuti technical meeting (TM), diantaranya berasal dari wilayah Barat Kabupaten Bogor diantaranya Kecamatan Jasinga, Sadeng dan Ciampea. Ada juga peserta dari Kecamatan Rumpin, Cibinong bahkan dari wilayah Selatan Kabupaten Bogor yaitu Cisarua, Megamendung dan Ciawi. Tidak ketinggalan, warga Kota Bogor dan sekitarnya juga ikut ambil bagian menjadi peserta lomba adzan yang digelar 21 September mendatang.
Salah satu peserta, Iip Paturahman dan Zainul Bahri dari Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, mengapresiasi lomba adzan yang digelar Masjid Baitur Ridwan.
 “Dengan lomba ini, kita bisa saling bersilaturahmi. Alhamdulilah hadiahnya diberangkatkan Umroh, jadi menambah semangat ikut lomba adzan ini. Insyaallah saya akan tampil maksimal supaya bisa mendapatkan hadiah Umroh,” ujarnya.
Senada, Abdul Kholik dari Al-Ghazali Kota Bogor menuturkan, selama ini jarang ada kegiatan lomba adzan yang akbar seperti di Masjid Baitur Ridwan ini, dimana pesertanya mewakili DKM Masjid baik dari Kota dan Kabupaten Bogor.
“Lomba adzan ini sebagai syiar Islam dan kami juga bisa saling bersilaturahmi antar muadzin. Saya akan latihan terus sampai waktunya lomba nanti, semoga saya bisa memenangkan lomba, sehingga bisa berangkat Umroh ke Tanah Suci Mekah,” harapnya.
Dalam technical meeting, panitia sementara ini mencatat ada sekitar 80 orang peserta yang sudah daftar dari target 100 orang peserta.
“Hari ini kita lakukan technical meeting, seluruh peserta yang hadir langsung mengambil nomor urut untuk tampil di lomba nanti,” ungkap Ketua panitia lomba adzan, Ust Lukman Hakim.
Peserta akan melantunkan adzan biasa bukan adzan subuh, dan irama sesuai dengan thoriqoh yang berlaku.
“Kategori penilaian, diantaranya tajwid, pasohah, nagmah (lagu) dan adab. Dewan juri juga memberikan waktu selama 5 menit maksimal kepada peserta dalam melantunkan adzan nya nanti,” jelasnya.
Ketua DKM Baitur Ridwan, Firman Sidik Halim mengatakan, lomba adzan yang bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor, dalam rangka menyambut tahun baru 1439 hijriyah dan Milad ke 2 Masjid Baitur Ridwan, dipilih karena ingin seluruh masjid masjid di Kota maupun Kabupaten Bogor memiliki muadzin muadzin bersuara merdu, melantunkan nagmah dengan indah, sehingga menjadi daya tarik bagi warga yang mendengar adzan untuk datang ke masjid shalat berjamaah.
“Kita juga prihatin ketika ada adzan dikumandangkan seadanya, sehingga itulah yang mendorong kami menggelar lomba adzan. Diharapkan dengan lomba ini, dapat menghasilkan muadzin yang melantukan adzan bersuara merdu dan nagmah yang indah,” pungkasnya. (Nai)

Comments