Perizinan Usaha Lambat, Lapor Saja Ke Presiden RI

bogorOnline.com-

Peraturan Presiden (Perpres) tentang percepatan proses pelaksanaan berusaha telah diterbitkan oleh Presiden Jokowi. Adapun Perpres ini merupakan bagian dari paket kebijakan ekonomi XVI.

Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, dengan Perpres ini maka satgas akan bisa segera bekerja untuk melanjutkan atau mengawal izin usaha yang masih tertunda di masa lalu yang saat ini sudah ada di pihaknya.

“Dokumen itu di tempat saya sudah disiapkan. Mudah-mudahan weekend besok sudah selesai,” ungkapnya di Kantornya, Jakarta.

Selain itu, Darmin mengatakan dengan Perpres ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, maka izin usaha akan dipercepat. Pasalnya, Presiden mengatakan kalau perizinan yang membutuhkan waktu berhari-hari, bulan hingga tahun memalukan sehingga nantinya perizinan yang awalnya 5 tahun bisa menjadi 1 tahun dan dari 1 tahun bisa menjadi 3 bulan.

Menko Darmin juga mengingatkan jika masih ada yang membandel dan membuat izin masih tetap lama maka, dirinya akan melaporkan pemberi izin kepada Presiden. Sementara untuk daerah maka Pemerintah Daerahnya akan diberikan peringatan agar bisa mempercepat izin.

“Kita akan lapor Presiden, terserah Presiden. Kalau daerah akan ada peringatan tapi kalau enggak berubah juga akan ditariik ke provinsi. Aturan mainnya begitu,” tukasnya.(rul)

Sumber: economy.okezone.com

Comments