Sekda Harapkan BPJS Kesehatan Tingkatkan Pelayanan

Bogor – bogorOnline.com
Gathering Badan Usaha Kota Bogor 2017 yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Bogor, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menilai bahwa kegiatan ini menggambarkan adanya kesamaan semangat dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan bagi warga Kota Bogor, disamping sebagai bentuk kesepahaman bersama.
“Sinergi antara Pemerintah Kota Bogor dengan BPJS Kesehatan merupakan hal yang wajib, sekaligus jadi bagian pelaksanaan amanat dari ketentuan pasal 4 PP Nomor 85 tahun 2013 tentang tata cara hubungan antar lembaga BPJS,” kata Ade saat menjadi keynote speaker yang berlangsung di IPB Convention Centre (ICC) Botani Square, Kota Bogor, Selasa (5/9/17).
Pada kesempatan itu Ade menerangkan, sudah 75 persen warga Kota Bogor yang sudah terjamin kesehatannya. Untuk kaitan lebih teknis, Pemkot Bogor melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan BPJS guna mendorong kesuksesan implementasi jaminan kesehatan sosial BPJS Kesehatan, diantaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor dalam hal perizinan dengan harapan menjadi salah satu persyaratan untuk kepentingan pendaftaran, selain itu dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Koperasi dan UKM.
“Ini menggambarkan keseriusan Pemkot Bogor dalam memberikan dorongan kepada BPJS Kesehatan dalam rangka melaksanakan programnya dengan harapan kalangan badan usaha di Kota Bogor, sehingga seluruh karyawan dan keluarganya terdaftar di BPJS Kesehatan,” jelas Ade.
Ade menyebutkan, masih adanya 232 badan usaha di Kota Bogor yang mendaftarkan perusahaan dan karyawannya di BPJS Kesehatan dengan perkiraan jumlah pekerja dan anggota keluarganya sebanyak 5955 orang, jumlah ini diluar badan usaha yang masuk kategori sektor usaha kecil mikro. Sedangkan badan usaha yang telah mendaftar sebanyak 918 dengan jumlah sebanyak 32.109 orang atau 97.941 jiwa jika dihitung beserta keluarga pekerja.
“Harapan kami dengan adanya gathering ini mampu meningkatkan komitmen dan kepatuhan bagi badan usaha yang belum mendaftarkan badan usaha agar segera mendaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan. Demikian pula untuk badan usaha yang menunggak iuran BPJS Kesehatan, agar membayar iuran tepat waktu. Untuk itu harus ada komitmen bersama-sama, disamping itu saya berharap BPJS memperbaiki dan memperluas layanannya bagi warga Kota Bogor. Ini menjadi sinergi dengan misi kami menjadikan Kota Bogor sebagai kota yang sehat dan makmur,” tandasnya. (Nai/ist)

Comments