Kabid Muslim: Dishub Pemkab Bogor, Tidak Pernah Lelah Ramcek

CIBINONG-

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor tidak pernah lelah melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor atau Ramce. Pada angkutan umum di wilayah Ciawi, yang menjadi tempat wisata bekerja sama dengan Petugas terkait.

Kepala Bidang (Kabid) Keselamatan pada Dishub Pemkab Bogor Muslim Akbar mengatakan, dalam sehari dengan waktu dua jam, mengerahkan personil sebannyak 30 personil. Untuk melakukan Ramcek kepada kendaraan umum yang melintas di jalur itu, bisa sampai ratusan kendaraan. Dan dari hasil pengecekan tersebut, dirinya bisa menemukan puluhan pelanggaran pada kendaran umum.

“Sedangkan yang paling menonjol pelanggaran terjadi adalah kelebihan muatan dan pelanggaran trayek,” ujar Muslim saat ditemui bogorOnline.com di kantornya.

Muslim menambahkan, untuk sanksi yang dikenakan pada angkutan, bila terbukti melanggar adalah. Penahanan kendaraan dan muatan yang berlebih harus diturunkan. Agar tidak membahayakan dirinya sendiri, maupun orang lain. Sehingga dapat memicu terjadi kecelakaan lalulintas nantinya. Sebab tujuan dari penegakan aturan ini adalah, menjadikan transportasi yang berkeselamatan dan nyaman. Maka perlu kesadaran dari si pemilik kendaraan itu sendiri. Namun setelah adanya cek poin secara rutin ini. Namun setelah pihaknya rutin oprasi, ada penurunan pelanggaran yang dilakukan oleh si pemilik kendaraan.

“Dengan begitu pihaknya tidak akan pernah berhenti, untuk melakukan Ramcek secara rutin,” tambahnya.(rul)

Comments