Waww, Banyak Ruko Langgar KDB dan Tak Berizin Di Bojonggede

 

BOJONGGEDE – Deretan rumah toko (Ruko) yang berada di sepanjang Jalan Raya Bojong Gede, Desa Bojong Gede, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor,  tepatnya didepan Statsiun Bojong Gede dipastikan melanggar aturan mengenai Koefisien Dasar Bangunan (KDB).

Hal ini dikatakan Kepala Unit Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Bojong Gede, Comerain La Ode mengatakan, Dari hasil pendataan yang kami lakukan, ruko-ruko yang berada di sepanjang Stasiun Bojong Gede memang melanggar KDB. Tak hanya itu mereka juga melanggar Garis Sempadan Jalan dan Sungai (GSJ dan GSS),” kata dia kepa wartawan saat diruang kerjanya.

Lanjut Comerain mengatakan, adanya temuan ini, pihaknya akan segera melakukan musyawarah dengan Pemerintah Desa (Pemdes) setempat untuk segera melakukan pendataan lebih dalam, terutama dalam masalah perizinan mengingat, tak sedikit dari bangunan-bangunan komersil itu telah beralih fungsi dari rumah menjadi tempat usaha.

“Jika memang melanggar aturan, maka kita akan laporkan ke dinas terkait untuk ditindak lanjuti lebih lanjut lagi. yang jelas, kita sudah bekerja maksimal sesuai dengan tupoksi kita di wilayah,” sebutnya.

Langkah pendataan yang dilakukan jajaran Satpol-PP Kecamatan Bojong Gede ini dilakukan menyusul banyaknya keluhan dari warga mengenai semrawutnya lalu lintas di ruas tersebut hampir setiap hari. “Oleh karena itu, kita coba pecahkan untuk mencari solusi. Hasilnya hampir semua usaha Ruko yang ada memang tak berizin,” sebutnya lagi.

Bukan itu saja, Satpol-PP Kecamatan Bojong Gede juga berhasil mendata keberadaan minimarket yang juga diketahui tak memiliki izin. Hasilnya pun cukup mencengangkan, dari 30 minimarket yang ada, semuanya dipastikan belum mengantungi izin.

“Ini akan menjadi pegangan data kita untuk menindak lanjuti temuan tersebut. Kita akan cek lebih jauh lagi mengenai perizinannya, apakah benar sedang diproses atau memang tidak punya sama sekali. Bila tak punya, maka kita limpahkan ke Satpol PP Kabupaten Bogor untuk disegel, “Paparnya. (Mul)

Comments