KPU Kabupaten Bogor Rekrut PPK dan PPS, Ini Persyaratannya

 

CIBINONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor akan segera merekrut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018.

 

Komisioner KPU Kabupaten Bogor Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Mustaqim mengatakan, merujuk Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 Tahun 2017, Pendaftaran akan dimulai 12 Oktober 2017.
“Pendaftar yang berminat bisa mengambil formulir di Kantor KPU Kabupaten Bogor atau mengunduh langsung di laman www.kab-bogor.kpu.go.id.,” ujarnya.

Setelah itu, pendaftar diberi waktu empat hari mulai 13-16 Oktober untuk mengisi dan melengkapi berkas yang telah diambil dan dikembalikan ke KPU Kabupaten Bogor. Tahapan berikutnya, KPU akan melakukan penilaian terhadap lolos tidaknya syarat administrasi yang diajukan pendaftar.
“Pengumuman hasil penelitian administrasi pada 18 Oktober 2017. Kalau lulus seleksi administrasi lanjut seleksi tertulis pada 20 Oktober 2017. Yang lolos seleksi tertulis akan mengikuti tahapan wawancara pada 23-25 Oktober 2017,” kata Mustaqim.

Selanjutnya, KPU akan mengumumkan calon anggota PPK terpilih 28 Oktober 2018 dan akan dilantik antara 29-31 Oktober 2017.
Untuk persyaratan, selain syarat administratif, Mustaqim menekankan beberapa hal yang harus dipenuhi. Pendaftar harus memiliki usia minimal 17 tahun dengan pendidikan minimal SLTA atau sederajat. Tak kalah penting, calon pendaftar tidak menjadi anggota partai politik (parpol) yang dinyatakan lewat surat pernyataan yang sah.
“Calon pendaftar juga harus menyertakan surat bebas narkoba dan berdomisili di wilayah kerja PPKnya. Kami berharap dapat merekrut anggota PPK berintegritas untuk Pilkada 2018 ini,” harapnya. (*)

Comments