Mau Membangun Gazebo Di Rumah, Ini Caranya

bogorOnline.com-

Anda tentu sudah tak asing lagi mendengar istilah gazebo? Ya, gazebo atau dalam bahasa Inggris “Pavillon” diartikan sebagai sebuah bangunan yang memiliki struktur terpisah dari bangunan utama. Gazebo dibangun untuk beragam kebutuhan, namun umumnya berfungsi sebagai perpanjangan area teras pada halaman rumah dimana Anda bisa beristirahat dan berkumpul bersama keluarga.

Tidak ada acuan khusus dimana posisi yang ideal untuk membangun gazebo. Anda bisa menempatkannya di halaman depan, samping atau belakang rumah. Bahkan ada pula yang membangun gazebo di atap rumah (rooftop), tergantung keinginan dan kebutuhan Anda.
Nah, sebelum mulai merancang gazebo, ada beberapa hal yang perlu Anda simak agar hasilnya memuaskan.

Ukuran Gazebo

Sesuaikan ukuran gazebo dengan luas lahan yang tersedia. Umumnya, gazebo memiliki luas 1/5 dari total luas lahan. Ukuran minimalnya pun sekitar 2m x 2m, dengan demikian Anda bisa memperoleh spaceyang cukup lega untuk berkumpul bersama keluarga. Anda pun bisa menempatkan kursi dan meja untuk meletakkan aneka cemilan.

Percantik Dengan Aksesori

Agar tampilannya tak monoton, ‘dandani’ gazebo dengan hiasan menarik berupa benda seni yang bisa digantung dan mengeluarkan bunyi saat tertiup angin.

Jangan lupa pula untuk meletakkan bantalan empuk untuk alas duduk serta bantal kecil (cushions) dengan beragam bentuk dan ukuran. Dengan demikian, aktivitas bersantai pun terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Jalan Setapak

Buat akses berupa jalan setapak yang menghubungkan antara bangunan utama dan gazebo. Untuk keleluasaan, buatlah jalan selebar 40 cm hingga 90 cm.

Adapun pilihan materialnya disesuaikan dengan elemen taman yang digunakan, seperti batu alam atau dek kayu. Apapun pilihan materialnya, pastikan tahan terhadap cuaca serta memiliki permukaan yang tidak licin agar tak berbahaya saat terciprat air hujan.

Pencahayaan

Elemen lighting disini sebenarnya bersinergi dengan lighting taman secara menyeluruh. Namun, disamping general lighting, Anda juga bisa menempatkan lampu dekoratif untuk menerangi area di sekitar gazebo atau meletakkannya di sepanjang jalan setapak. Sehingga, gazebo tetap berfungsi maksimal meskipun saat malam hari.(rul)

Sumber:http://majalahasri.com/tertarik-membangun-gazebo-di-rumah-ini-tipsnya/

Comments