22 Kecamatan Rawan Bencana Gerakan Tanah

CIBINONG- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor memberi peringatan kepada 22  Kecamatan di Kabupaten Bogor terkait potensi gerakan tanah pada bulan Oktober tahun ini. 22 Kecamatan tersebut, yakni, Kecamatan Babakanmadang, Bojonggede, Caringin, Cariu, Ciampea, Ciawi, Cibinong, Cibungbulang, Cigombong, Cigudeg, Cijeruk, Cileungsi, Ciomas, Cisarua, Ciseeng, Citeureup, Dramaga, Gunung Putri, Gunungsindur, Jasinga, Jonggol dan Kemang.

Kepala BPBD Kabupaten Bogor, Koesparmanto mengatakan, informasi adanya potensi gerakan tanah ini berasal dari kajian Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementrian ESDM. “Jadi kami sudah sampaikan surat edaran kepada Camat agar meningkatkan kesiapsiagaan bencana gerakan tanah di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Koes berharap, dengan adanya informasi dini bencana, para Camat dan Kepala Desa di daerah yang masuk peta rawan bencana untuk meningkatkan kesiapsiagaan.  “Sebenarnya setiap hari kita selalu dalam keadaan siap siaga, tetapi dengan adanya informasi ini kita harapkan selama Oktober ini daerah yang masuk rawan bencana gerakan tanah ada perhatian lebih,” katanya

Informasi ini, menurut Koes, bersifat temporer atau hanya bulan Oktober saja. “Nanti November kita evaluasi lagi,” kata dia. (ful)

Comments