Ternyata Panel Surya Bisa Dicetak, Menggunakan Printer

bogorOnline.com-

Teknologi pembangkit listik tenaga surya terus berkembang. Saat ini, panel surya dapat dicetak dengan menggunakan printer, lo!

Biasanya Berukuran Besar dan Berharga Mahal

Pembangkit listrik tenaga surya yang kita lihat biasanya berbentuk bidang luas yang diletakkan di atas atap bangunan atau di tanah lapang. Saat ini biaya pembuatan panel surya masih sangat mahal. Selain itu diperlukan juga lahan yang luas untuk mendapatkan listrik yang cukup besar. Karena itulah belum banyak yang menggunakan panel surya sebagai sumber listrik.

Tinta Khusus

Para peneliti dari seluruh dunia mencoba mencari cara untuk dapat membuat panel surya lebih murah dan mudah. Para peneliti dari Universitas Newcastle di Australia telah menemukan teknologi untuk mengurangi biaya pembuatan panel surya. Mereka menemukan tinta elektronik khusus yang dapat mengumpulkan energi dari sinar Matahari. Bapak Paul Dastoor yang mengepalai penelitian tentang panel surya yang dapat dicetak ini. Ia bersama teman-temannya terus menguji coba bahan ini. Tentu saja mereka berharap supaya percobaan mereka berhasil.

Dengan penemuan ini akhirnya panel surya dapat dicetak dengan cara yang lebih mudah. Caranya seperti mencetak biasa dengan menggunakan printer. Apabila cara ini sudah dapat dilakukan secara masal, harga panel surya akan lebih murah.(rul)

Sumber:http://bobo.grid.id/Sains/Iptek/Panel-Surya-Dapat-Dicetak-Menggunakan-Printer?platform=hootsuite

Comments