Tim Monev Gerak PKK KB Jabar, Kunjungi Kabupaten Bogor

RANCABUNGUR-
Keberadaan PKK sebagai mitra pemerintah sangatlah penting sebagai salah satu peran dalam bidang pelayanan kesehatan ibu dan anak, pembinaan kesehatan lingkungan, serta penyuluhan kesehatan dan pembinaan posyandu dimana telah terbukti efektif dan mampu memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan dan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Bogor.

Hal tersebut menjadikan Desa Rancabungur menjadi perwakilan dari Kabupaten Bogor untuk menjadi tempat Monitoring dan Evaluasi Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Barat yang bertempat di Desa Rancabungur, Kecamatan Rancabungur, pada Selasa (31/10).

Penerimaan Tim Monev Provinsi Jawa Barat disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Adang Suptandar beserta Ketua PKK Kabupaten Bogor Tina Adang Suptandar yang didampingi Ketua PKK Desa Rancabungur, Camat Rancabungur, Kepala Desa Rancabungur, serta para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Bogor Adang Suptandar menyampaikan sebagai sebuah kegiatan sinergitas, kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta seluruh stakeholder pembangunan terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, pemasyarakatan program keluarga berencana, revitalisasi posyandu, pengembangan perilaku hidup bersih sehat serta pemeliharaan kesehatan lingkungan.

Selanjutnya, Adang menjelaskan bahwa kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan di Kabupaten Bogor pada dasarnya bertumpu pada kegiatan – kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan institusi  KB kesehatan di Desa dengan kader – kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai fokus sasaran utama.

Terakhir Adang menyambut baik kedatangan Tim Monitoring Dan Evaluasi Desa Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan berharap  melalui kegiatan ini kader PKK Kabupaten Bogor dapat semakin meningkatkan motivasi dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Harapan saya, setelah dilaksanakannya pembinaan yang intensif dalam kegiatan lomba kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan oleh semua pihak secara bersinergi, masyarakat Desa Rancabungur Kecamatan Rancabungur dan masyarakat Kabupaten Bogor pada umumnya akan memiliki akses yang lebih terbuka terhadap kehidupan yang lebih berkualitas, khususnya dalam aspek pemberdayaan keluarga, keluarga berencana dan kesehatan serta daya beli yang merupakan indikator angka IPM”, ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Monev kesatuangerak PKK-KB-Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Muljawati mengatakan kedatangan Tim Penilai Monev ini ingin mengetahui sejauh mana program PKK KB di Desa Rancabungur ini berjalan dengan baik serta bagaimana perkembangan dan kendala yang dihadapi para kader dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita ingin tahu bagaimana perkembangan, apa saja kendala yang dihadapi para kader PKK, serta adanya  penghimpunan saran dan kritik kader PKK yang akan diteruskan kepada Tim Penggerak PKK Pusat,” ucapnya.

Ia juga berharap agar kader PKK di Desa Rancabungur ini tetap mampu memelihara dan berkomitmen memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.(Diskominfo/rul)

Comments