DARI KETUA RT SAMPAI KADIS : KERJA CEPAT DAN TEPAT SELAMATKAN ANAK

BOJONGGEDE – Seorang bocah laki-laki diperkirakan berusia diatas 5 tahun ditemukan tengah kebingungan tanpa orangtua, di wilayah Desa Susukan pada Minggu siang sekitar pukul 11.00 WIB.

Beruntung anak laki-laki ini ditemukan warga yang peduli dan langsung diselamatkan serta dirawat sementara waktu oleh Ketua RT 04 RW 07 Desa Susukan. Penemuan anak hilang tersebut langsung menyebar luas di media sosial, termasuk di kalangan awak media. “Saya mendapat info dari bapak polisi yang juga Bhabinkamtibmas Desa Susukan. Karena kasian dan khawatir terhadap kondisi anak itu, maka langsung saya share ke grup WA FWHBU.maksudnya agar terbantu menemukan orang tua atau keluarganya.” kata Mamun seorang awak media lokal di Bogor, Minggu (19/11/2017).

Informasi penemuan anak ini pun langsung diketahui dan direspons secara cepat dan tepat oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kadis P3A) Pemkab Bogor Emmy Pernawati. “Saya akan koordinasikan dan perintahkan Kabid Perlindungan Anak dan Kepala Seksi untuk segera menangani hal ini,” ujar Emmy melalui media sosial pribadi miliknya.

Hanya berselang hitungan jam, sekitar pukul 17.00 WIB, Kepala Dinas sudah memberikan penjelasan dan kabar baik tentang kondisi anak kecil tersebut. “Alhamdulillah anak itu sudah diambil dan kembali kepada orangtuanya,” terang Emmy. Dia menuturkan, informasi telah selamatnya anak kecil tersebut, didapat setelah berkoordinasi dengan jajaran aparatnya di Bidang Perlindungan Anak dan Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Bogor. “relawan P2TP2A sudah ke lokasi (rumah ketua RT-red) dan anak tersebut sudah bertemu dan diambil orangtuanya,” papar Emmy.

Dari kejadian ini, Kadis P3A meminta dan menghimbau agar para orangtua agar lebih berhati – hati menjaga anak – anaknya. Menurut Emmy Pernawati, saat ini sudah seringkali terjadi berbagai tndak pidana mulai dari kelerasan fisik hingga kekerasan seksual dengan korban anak – anak di bawah umur. “Saya juga berterimakasih kepada Bapak RT dan RW serta semua pihak yang telah membantu dan mberi perhatian serta kepedulian terhadap keselamatan anak-anak.” pungkas Emmy Pernawati. (Mul)

 

Comments