Kota Bogor Tetapkan Siaga Bencana Banjir Longsor

Bogor – bogorOnline.com

Turunnya musim penghujan di wilayah Kota Bogor dengan curah hujan yang mulai cukup tinggi, dalam waktu dekat Kota Bogor akan ditetapkan siaga bencana banjir longsor.

Kepala pelaksana BPBD Kota Bogor, Ganjar Gunawan mengatakan, secara umum kondisi saat ini adalah peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, secara umum di Jawa Barat seluruh daerah sudah mengalami situasi intensitas hujan tinggi dan deras, sehingga menyebabkan beberapa kejadian bencana. Provinsi Jawa Barat melalui BPBD Jawa Barat sudah menetapkan siaga bencana longsor, termasul untuk di daerah Kota Bogor.

“Kota Bogor ditetapkan siaga bencana banjir dan longsor mulai 1 November 2017 sampai akhir Mei 2018. Dengan penetapan siaga ini, menjadi rujukan dan dasar bagi BPBD mendapatkan kemudahan akses untuk mengerahkan personil, logistik, peralatan dan sektor lembaga,” ungkap Ganjar, Senin (20/11/17).

Ganjar melanjutkan, terlebih kondisi Kota Bogor saat ini sudah mulai kelihatan bencana longsor dan banjir, sudah ada sejumlah wilayah mengalami longsor ketika hujan turun. Dengan penerapan siaga bencana ini, nanti akan keluar Surat Keputusan (SK) Wali Kota tentang penetapan status siaga darurat banjir dan longsor di Kota Bogor. Nanti setelah SK keluar akan ditindaklanjuti dengan kordinasi dan sosualisasi antar lintas instansi.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi musim hujan yang sudah datang ini,” pungkasnya. (Nai)

Comments