ZM Center Siapkan 3500 Relawan Saksi TPS

Setiap TPS Akan Diisi Dua Orang, Diluar Dari Saksi Partai

Bogor – bogorOnline.com

 

Sejumlah persiapan terus dilakukan, bakal calon Walikota Bogor Zaenul Mutaqin. Melalui Zaenul Mutaqin (ZM) Center, maka diketahui saat ini tengah berlangsung proses rekuitmen relawan saksi yang akan dipersiapkan atau bertugas, mengawal semua tempat pemungutan suara (TPS) untuk Pilwalkot Bogor 2018 mendatang.

Sekretaris ZM Center, Purwana Ryadi menjelaskan, setiap TPS akan dipantau oleh dua relawan saksi. Dan mereka ini, terpisah dari saksi yang sudah dipersiapkan oleh partai nantinya. Jika dalam pencoblosan pilwalkot ada 1725 TPS, maka tinggal dikali dua saja sekitar 3500 orang akan dipersiapkan dan sebelumnya dibekali terkait tugas yang akan dilakukan oleh tim.

“Saat ini, proses rekuitmen masih berjalan. Tercatat, dari kebutuhan 3500 relawan TPS ini, yang sudah mendaftar baru ada sekitar 75% saja,” tegas Purwana yang akrab disapa ‘Beb Pur’ ini, dalam siaran persnya, Rabu (22/11/17).

Purwana menuturkan, ZM Center melakukan ‘Pengawalan’ TPS ini agar proses pelaksanaan pencoblosan bisa berjalan dengan apa yang diharapkan, dan tentunya sesuai aturan yang berlaku.

“Kita nanti akan menjaga TPS-TPS. Jelas diketahui, jika di dalam memang ada saksi, tapi selain itu ada orang-orang yang bertanggungjawab untuk menjaga dukungan, mengidentifikasi mereka-mereka yang pasti memilih pasangan kami dan menjaga dari segala macam praktik-praktik ilegal yang mungkin terjadi,” ungkap Purwana.

Ia pun menjelaskan, saksi-saksi yang disiapkan ini juga memiliki tugas untuk menjaga area sekitar TPS dari berbagai bentuk kecurangan seperti politik uang hingga hal lainnya.

“Artinya, yang berhak memilih jangan sampai dihalangi, dan yang tidak berhak milih jangan sampai ikut-ikutan milih,” tandasnya.

Pelatihan para relawan saksi itu, masih kata Purwana, akan dilakukan setelah kebutuhan relawan jumlahnya mencapai 100%. Nantinya, tim juga akan melihat serta mempelajari karateristik setiap TPS, kemudian disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di setiap wilayah.

“Untuk pelatihan, kita siapkan orang-orang yang kompeten di bidangnya. Hal seperti ini, memang harus dipersiapkan sejak dini mengingat waktu pelaksanaan atau tahapan pilwalkot sudah berlangsung,” urainya.

Terkait akan berpasangan dengan siapa nanti Zaenul Mutaqin, maka Purwana mengatakan, jika hal tersebut belum bisa dijelaskan secara rinci untuk saat ini, karena baik ZM atau DPC PPP Kota Bogor masih melakukan serangkaian pertemuan dengan beberapa tokoh, calon peserta pilwalkot dan parpol lainnya untuk membahas serta mematangkan pemilihan kepala daerah ini.

“Soal maju dengan siapa atau akan berkoalisi dengan siapa, lebih baik ditanya langsung ke Kang ZM atau perwakilan partainya. Yang jelas, kita di ZM Center sudah dan akan terus bergerak melakukan program-program kerja yang telah disusun sejak jauh-jauh hari,” tutup Purwana. (Nai)

Comments