EGI GW Minta Gubernur Jabar Turun Tangan Atasi Truk Tronton di Parungpanjang

 

PARUNGPANJANG – Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Egi Gunadhi Wibhawa mendesak Gubernur Jawa Barat segera turun tangan mengatasi  dan memberikan solusi terkait masalah lalulintas truk tambang di Jalan Parungpanjang-Bunar. Egi mengatakan, warga menagih janji Wakil Gubernur, Dedi Mizwar yang akan merubah moda transportasi dari Tronton ke Truk agar muatannya tidak melampaui batas dan membahayakan pengguna jalan lainnya.

“Saat berkunjung ke Parungpanjang pak Wagub berjanji akan merubah moda transportasi sesuai dengan kapasitas jalan kelas C maksimal 8 ton, tetapi kenyataannya sampai hari ini belum ada realisasi. Saya harap, Gubernur turun tangan langsung,” ujar Anggota Fraksi PDI Perjuangan tersebut.

Menurut Egi, selain muatan yang mencapai 40 ton, jumlah truk tronton yang melintas di jalan Parungpanjang-Bunar juga melebihi jumlah yang wajar. Apalagi, peralihan tronton dari Rumpin ke Tangerang  yang biasanya melewati Gunungsindur kita menumpuk di Parungpanjang karena perbaikan jembatan Leuwiranji.

Egi meminta, pemprov mengkaji secara komprehensif persoalan lalulintas angkutan tambang di jalan tersebut. “Ada hak pengendara yang lain yang  harus mendapat jaminan dari pemerintah. Jangan menunggu massa turun ke jalan dan terjadi hal-hal yang  tidak diinginkan,” tegasnya.

Gelombang penolakan truk tronton melintas di jalan raya Parungpanjang-Bunar semakin meluas, menyusul banyak jatuh korban jiwa karena kecelakaan di jalan tersebut. Januari mendatang, warga berencana mengumpulkan koin peduli jalan raya Parungpanjang. Uang yang terkumpul akan diserahkan ke Gubernur Jawa Barat untuk membantu pemerintah provinsi membuat jalur khusus angkutan tambang. (ful)