Paripurna DPRD Kabupaten Bogor, Segini Jumlah APBD 2018

CIBINONG-

Pemerintah Kabupaten Bogor bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor mengelar sidang paripurna mengenai  penetapan persetujuan bersama DPRD Kabupaten Bogor dengan kepala daerah terhadap rancangan APBD tahun anggaran 2018 dan penetapan keputusan DPRD terhadap program pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Bogor tahun 2018. Bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Bogor, pada Kamis (30/11).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bogor Nurhayanti menyampaikan sidang paripurna ini merupakan rangkaian dari sidang paripurna sebelumnya mengenai penyampaian nota keuangan dan rancangan Perda APBD tahun 2018 yang telah ditindaklanjuti dengan pembahasan secara intensif di tingkat komisi dan badan anggaran bersama dengan seluruh OPD. rancangan APBD tahun 2018 ini mempunyai nilai yang sangat strategis sebagai tahun terakhir dari rangkaian perencanaan pembangunan sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Bogor dan selaku Bupati Bogor, bertekad untuk mewujudkan visi dan misi yang telah dicanangkan di awal masa jabatan.

“dinamika yang terjadi dalam proses pembahasan rancangan APBD  ini merupakan perbedaan sudut pandang dalam menyikapi dan memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Bogor akan layanan publik yang semakin meningkat setiap waktu, namun demikian semua proses tersebut berlangsung dengan sangat harmonis dan akhirnya mencapai keseimbangan pada malam hari ini dengan akan ditetapkannya persetujuan bersama terhadap rancangan APBD tahun anggaran 2018,”ujarnya.

Nurhayanti juga menyampaikan bahwa Pendapatan Daerah setelah pembahasan direncanakan mengalami peningkatan sebesar 66,682 Milyar Rupiah atau naik 1,11 persen yang semula diusulkan sebesar 5,993 Trilyun Rupiah, sehingga total Pendapatan Daerah sebesar 6,60 Trilyun Rupiah.

Masih kata Bupati Bogor, “Sedangkan hasil pembahasan rancangan APBD tahun 2018 total belanja daerah mengalami kenaikan sebesar 325,281 Milyar Rupiah atau naik 5,02 Persen dari belanja yang semula diusulkan sebesar 6,482 Trilyun Rupiah sehingga Total belanja daerah hasil pembahasan menjadi 6,807 Milyar Rupiah,”katanya.

Sedangkan pada pembiayaan Daerah, Bupati Bogor mengungkapkan pada komponen ini terjadi peningkatan baik dari sisi penerimaan maupun pengeluaran pembiayaan daerah. peningkatan penerimaan pembiayaan bersumber dari proyeksi sisa lebih perhitungan anggaran tahun 2017 berdasarkan hasil evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan di tahun ini. total penerimaan pembiayaan daerah yang semula dialokasikan sebesar 488,664 Milyar Rupiah, setelah pembahsan mengalami kenaikan sebesar 314,498 Milyar Rupiah atau naik 64,36 persen menjadi 803,163 Milyar Rupiah.

“sementara pada komponen pengeluaran pembiayaan daerah yang semula belum dialokasikan, berdasarkan hasil pembahasan disepakati untuk mengalokasikan penyertaan modal daerah sebesar 55,900 Milyar Rupiah  kepada PDAM Tirta Kahuripan dan juga PT. Lembaga Keuangan Mikro,”tandasnya.(Diskominfo/rul)

Comments