by

Aspirasi Warga Terakomodir Dalam Musrenbang Bogor Timur

bogorOnline.com

Sejumlah aspirasi dan usulan warga yang diajukan melalui tingkat Kelurahan dalam pra Musrenbang, mayoritas masuk kedalam SIMRAL dalam Musrembang Kecamatan Bogor Timur. Acara Musrenbang dihadiri Walikota Bima Arya, Anggota DPRD Atty Somadikarya, H. Mulyadi, para kadis, Camat dan Lurah sekota Bogor. Musrenbang yang dilaksanakan di Kecamatan Bogor Timur sekaligus dengan peresmian kantor baru Kecamatan Bogor Timur.

Asisten tata praja Pemkot Bogor, Hanafi mengatakan, Musrenbang yang dilaksanakan di Kecamatan Bogor Timur memuaskan, karena semua hasil musrembang kelurahan masuk semua ke SIMRAL, dan fokus masih kepada pembangunan baik pembangunan fisik dan non-fisik.

“Intinya gini, kita mengajak kepada masyarakat keseluruhan yang diwakili, oleh para Ketua RT, RW, LPM, oleh para Lurah di momen musrembang tingkat kecamatan, tetap konsisten terhadap pembangunan. Pembangunan kan ada 2, ada pembangunan fisik dan sosial, dan kita harus sejalan. Kalau pembangunan fisik secara kuantitatif bisa dihitung tapi pembangunan sosial agak sulit dihitung tetapi harus kita kembangkan sesuai skala prioritas” ucap Hanafi.

Musrenbang tingkat Kecamatan sudah selesai dilaksanakan, dan belanja di 6 Kecamatan masih fokus kepada pembelanjaan fisik, seperti pembangunan drainase, pengaspalan jalan, sarana transportasi, dan yang lainnya. Hanafi juga menambahkan bahwa jangan sampai adanya pembangunan tambahan nanti jika sudah membicarakan pembahasan teknis dengan DPRD.

“Jangan nanti sudah pembahasan teknis dengan DPRD ada kegiatan-kegiatan tambahan, maka dari itu kita pagari dengan RKPD, kalo dia ada di sepanjang RKPD itu boleh tapi kalo tidak ada di RKPD tidak bisa,” jelasnya.

Diwaktu yang sama Camat Bogor Timur Adi Novan juga mengungkapkan bahwa semua aspirasi warga sudah masuk terakomodir semua dalam Musrenbang.

“Kalau presentase hasil Musrembang kemarin di kelurahan masuk SIMRAL semua, tetapi kita kerucutkan di pra musrembang kemarin sehingga sampai di musrembang kecamatan. Pembagiannya saat ini di tiap tiap kelurahan ada 5 prioritas per bidang,” katanya.

Menurutnya, semua aspirasi dapat diserap dengan baik dan Camat Bogor Timur itu juga berharap dengan adanya pembangunan yang akan dilaksanakan nanti akan membantu mengurangi angka kemiskinan.

“Di tahun ini kita akan mencoba agar tetap dengan prestasi yang ada atau meningkat. Kita juga punya rencana membuat lomba olahraga antar instansi Bogor Timur, kita sedang membuat konsep dengan SP3OR, dan akan ada 5 cabang olahraga. Lalu saya juga ingin membuat lomba MURAL dengan media tiang-tiang beton di gedung kecamatan ini, agar hobi masyrakat tidak disalurkan asal-asalan,” tandasnya. (Rky)

News Feed