Cawalkot Achmad Ru’yat Jadi Pengrajin Sendal Home Industri Cikaret

Ru’yat Siapkan Program UMKM Pengrajin Sendal Cikaret

bogorOnline.com

Kawasan Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, dikenal juga sebagai kawasan sentral pengrajin sendal khas Cikaret. Disetiap sudut perkampungan warga, terdapat pengrajin pengrajin sendal dengan aneka bentuk dan corak. Keberadaan pengrajin home Industri pembuatan sendal itu menarik perhatian calon Wali Kota Bogor nomor satu Achmad Ru’yat ketika blusukan sapa warga di wilayah Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, Rabu (28/2/18).

Achmad Ru’yat mendatangi satu persatu pengrajin sendal dan melakukan interaksi dengan para pengrajin. Banyak keluhan keluhan maupun masukan dari pedagang yang disampaikan kepada Cawalkot nomor satu di Pilwalkot itu. Salah satunya menyangkut masalah perhatian pemerintah untuk permodalan dan penjualan. Ia juga mengungkapkan akan memprogramkan sektor UMKM, terutama bagi pengrajin sendal di Cikaret ini.

“Potensi pengrajin sendal di Cikaret sangat luar biasa, mereka home industri yang dikelola oleh warga secara turun temurun. Tetapi yang harus kita jembatani adalah harga yang dijual di pasaran jangan terlalu mahal, karena pengrajin menjual harga sangat murah, tetapi kalau sudah masuk ke toko atau mall, harganya sangat mahal,” kata Achmad Ru’yat disela menemui pengrajin sendal.

Menurutnya, harus ada koperasi yang menjembatani, sehingga pengrajin mendapatkan marjin keuntungan yang sesuai. Kualitas sendal hasil pengrajin Cikaret sangat bagus, sendal sendal itu bukan hanya di lem saja tetapi dijahit agar kuat dan tahan lama.

“Ini potensi ekonomi home industri dan harus menjadi perhatian pemerintah daerah melalui dinas UMKM. Harus ada peningkatan baik dalam pemasaran maupun permodalan, sehingga para pengrajjn ada selisih keuntungan yang pantas. Tadi kebanyakan keluhan pengrajin adalah soal permodalan, dan itu akan menjadi catatan masukan program bagi RZ,” jelasnya.

Ketika Cawalkot yang diusung PKS, PPP dan Gerindra itu menemui pengrajin sendal milik Misbah di Kampung Kebon Kalapa RW 10, disela dialog, Ru’yat sempat mencoba membuat sendal dan menjahit sendal sendal yang siap di pasarkan. Dilokasi itu juga, Ru’yat memborong satu kodi sendal untuk dibagikan.

“Saya beli sendal ini karena kualitasnya sangat bagus dan harganya murah. Sendal ini kalau dijual di toko atau mall, bisa 300 persen kelipatannya dari harga disini. Kita harus pikirkan nanti soal keuntungan bagi para pengrajin, agar mereka usahanya semakin maju berkembang,” tuturnya.

Imam pengrajin sendal mengungkapkan, usaha home industri pembuatan sendal yang dilakukannya sudah berjalan lima tahun. Dalam sehari dirinya mampu membuat sekitar 20 kodi, dan sendal sendal itu dijual ke Jabodetabek.

“Kami harapkan pemerintah membantu soal permodalan untuk usaha sendal ini. Kami berterima kasih sudah ditemui langsung oleh Calon Walikota Pak Achmad Ru’yat, semoga beliau terlilih menjadi Walikota Bogor dan kedepannya bisa membantu warga pengrajin usaha sendal di Cikaret ini,” harap Imam diamini pengrajin sendal lainnya. (Nai/ist)