Polresta Bogor Kota Gelar Apel dan Simulasi Pengamanan Pilkada 2018

bogorOnline.com

Polresta Bogor Kota menggelar apel pilkada damai dan simulasi satuan tugas tripatra dalam rangka pilkada 2018 di Orchard Bogor Nirwan Residence BNR, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Sabtu (3/2/18).

Apel yang di pimpin langsung oleh Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto ini di hadiri oleh unsur Muspida kota dan Kabupaten Bogor, serta Bapaslon walikota/walikota Bogor.

Dalam sambutannya, Agung mengatakan, apel ini sengaja dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personil dan mengecek  kelengkapan sarana prasarana Polri beserta instansi terkait lainnya yang akan di terjunkan dalam  pelaksanaan pengamanan pilkada 2018.

“Harapan saya,semua perencanaan yang di telah siapkan dapat berjalan optimal guna mensuseskan pilkada serentak 2018 di kota dan kabupaten Bogor yang aman,damai dan kondusif,” ujar Agung.

Setelah itu, dilanjutkan simulasi pengamanan pilkada 2018 yang dilakukan oleh aparat gabungan TNI, Polri serta jajaran pemerintah kota Bogor. Menurut Agung, simulasi gabungan dari TNI dan Polri ini merupakan bentuk antsipasi dalam pengamanan pilkada damai.

“Dalam pengamanan ini kepolisian daerah jawa barat menerjunkan  sebanyak 21.500 personil, kemudian panglima Kodam III memberikan sebanyak 27 SSK setingkat kompi atau  2700 personil yang tersebar di seluruh propinsi Jawa Barat,” ungkapnya.

Simulasi ini, lanjut Agung, merupakan satuan yang sudah dibentuk oleh panglima TNI dan Kapolri dengan nama TRIPATRA yang teridiri dari unsur satuan Sabara Polres, Brimob Polda dan satuan TNI wilayah.

“Sebelumnya sudah di lakukan latihan latihan apabila terjadi gangguan kamtibmas,maka satuan TNI sudah melekat dengan kepolisian sehingga cepat penanganannya,” paparnya.

Dalam kesempatan ini, Agung memberikan himbauan, silahkan gunakan hak pilih sesuai dengan hati nuraninya masing masing.

“Tetapi tidak boleh mengintimidasi, memaksa, karena itu melanggar hukum dan kita akan melakukan penindakan,” pungkasnya. (Rky)

Comments