PT MSJ Hentikan Sementara Pekerjaan Besar Pemasangan Erection Box Girder

bogorOnline.com

Menyikapi keputusan moratorium Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menghentikan sementara pekerjaan kontruksi layang. PT Marga Sarana Jabar (MSJ) telah menghentikan pekerjaan besar berupa Erection Box Girder pada proyek jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) Selasa,(20/2/18) pukul 17.00 WIB.

Direktur Utama (Dirut) PT MSJ, Hendro Atmodjo mengatakan selanjutanya akan di lakukan evaluasi dalam rangka menjamin keamanan dan keselamatan kerja serta pengguna layanan hasil kontruksi.

“Sambil menunggu hasil evaluasi menyeluruh oleh Kementerian PUPR yang akan dilakukan oleh Asosiasi Kontraktor Indonesia (AKI) dibantu konsultan independen, maka PT. MSJ telah mengambil sejumlah langkah,” ungkap Hendro, Rabu (21/2/18) pagi.

Mengingat progres proyek BORR seksi IIB sudah mencapai 98 persen dan pembebasan tanah sudah 100 persen, serta erection box girder tinggal satu bentang lagi, dan per 20 Februari sudah dilakukan pengangkatan 6 box girder yang tergantung diatas pier 60-61. Maka perlu dilakukan pengamanan terhadap kegiatan tersebut terutama terhadap lalu lintas di Jalan Sholeh Iskandar.

“Pengamanan tersebut dilakukan antara lain berupa pengecekan pada seluruh peralatan khususnya launcher girder (alat pengangkat box girder) oleh kontraktor PT. Wijaya Karya (WIKA) Persero Tbk. Pengecekan juga akan dilakukan terhadap seluruh desain, Standard Operational Procedure (SOP), metode kerja, sumber daya manusia, dan peralatan oleh konsultan pengawas PT Purnajasa WNB guna memastikan dilaksanakannya sesuai urutan dan keamanan konstruksi,” paparnya.

Lebih lanjut Hendro menyatakan, pihaknya akan memperketat pengawasan untuk seluruh pekerjaan utama maupun yang minor. Sehingga, dapat dipastikan sesuai dengan desain, SOP, dan metode kerja.

“Penghentian sementara proyek BORR Seksi IIB ini akan berakhir setelah evaluasi selesai dilaksanakan dan diterima dengan rekomendasi dari Komite Keselamatan Konstruksi untuk bisa atau tidak proyek dilanjutkan,” pungkasnya. (Nai)

Comments