ZM Siapkan Program Untuk Keberadaan Ojek Online Kota Bogor

bogorOnline.com

Keberadaan para driver ojeg online (Ojol) di Kota Bogor semakin berkembang pesat, berbagai komunitas ojol terus bermunculan sebagai eksistensi para driver kendaraan roda dua profesional tersebut ada di Kota Bogor. Para driver ojol dari komunitas ojek online Grab lintas Yasmin Raya, bersilaturahmi dengan calon Wakil Walikota Bogor nomor satu, Zaenul Mutaqin (ZM), disela kampanye blusukan ZM di wilayah Kecamatan Bogor Barat, Ahad (25/2/18).

Pertemuan ZM bersama para ojol Grab lintas Yasmin Raya dilaksanakan di Kampung Cijahe, RW 01, Kelurahan Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat. Dalam pertemuan itu, para driver ojol Grab menyampaikan berbagai keluhan keluhan menyangkut sejumlah fasilitas untuk para driver yang belum mendapatkan perhatian dari pemerintah. Seperti shelter atau basecamp tempat untuk berkumpul menunggu penumpang. Selain itu, para ojol juga mengadukan nasibnya soal menurunnya pendapatan mereka karena adanya kebijakan dari perusahaan ojol.

“Pendapatan kami para driver ojeg online memang menurun drastis, karena adanya kebijakan dari  perusahaan. Tetapi kami ingin mendapat perhatian dari pemerintah untuk fasilitas para driver ojeg online ini,” ungkap para ojol Grab ini menyampaikan keluhannya kepada ZM.

Mendengar hal itu, ZM mengatakan, keberadaan para driver ojeg online harus mendapat perhatian pemerintah daerah. Mereka harus di fasilitasi karena usahanya mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya.
ZM juga mengungkapkan, apabila dirinya menjadi pemimpin Kota Bogor, sebagai Wakil Walikota mendampingi calon Walikota Achmad Ru’yat, program bagi penanganan ojeg online sudah disiapkan.

“Apabila saya memimpin Kota Bogor, saya akan menyiapkan sejumlah program penanganan ojeg online di Kota Bogor. Kita akan membantu para driver ojeg online agar memiliki tempat tempat atau shelter khusus ojeg online yang lebih layak dan diatur serta ditata rapi disetiap wilayah Kota Bogor. Bila perlu kita fasilitasi juga dengan Wifi gratis bagi para driver ojeg online tersebut,” kata ZM.

Agar ojeg online tertata rapi dan tidak mangkal disembarang tempat yang bisa menyebabkan menggangu arus lalu lintas, maka disetiap titik lokasi harus disiapkan tempat mangkal khusus. Saat ini tempat mangkal para driver ojeg online itu biasa saja, hanya terbuat dari kayu atau bambu dan atapnya hanya pakai plastik atau bekas spanduk. Kedepannya tempat mangkal ojeg online itu harus permanen dan fasilitas nya disiapkan.

“Kalau pasangan Ru’yat dan Zaenul memimpin Kota Bogor, kita akan perhatikan keberadaan ojeg online diseluruh Kota Bogor. Program sudah kita siapkan dan semuanya pro rakyat,” ujarnya.

Menurut ZM, para driver ojeg online ini memiliki komunitas besar, ada sekitar 50 komunitas ojeg online Grab sekota Bogor. Disetiap satu komunitas ada anggota 40 sampai 50 driver dan mereka meminta di fasilitasi soal tempat mangkal atau shelter dan fasilitas berkumpulnya. Zaenul pun menyiapkan solusi solusi penanganan ojeg online bahkan masukan masukan serta keluhan menjadi bahan masukan program bagi pasangan Ru’yat dan Zaenul untuk Kota Bogor lebih maju dan nyaman warganya.

“Komunitas ojeg online ini sangat banyak, jadi memang harus diperhatikan keberadaan mereka. Kita sudah menerima seluruh masukan yang akan menjadi catatan untuk program saya kedepan,” jelas ZM yang juga Ketua DPC PPP Kota Bogor ini.

Kegiatan kampanye blusukan hari ke tujuh Zaenul Mutaqin di wilayah Kecamatan Bogor Barat dilakukan dengan mengunjungi warga di wilayah Kelurahan Curug Mekar, dilanjutkan di Kelurahan Curug Induk diantaranya ke RW 01 dan RW 02. Saat kegiatan sapa warga, Zaenul sempat menemui warga yang sakit. Kunjungan sapa warga itupun digunakan oleh Zaenul meminta do’a dan restu serta dukungan kepada warga untuk memenangkan nomor satu Achmad Ru’yat dan Zaenul Mutaqin (RZ) di Pilwalkot Juni mendatang. (Nai/ist)