TEMBOK PAGAR SDN LUMPANG 01 AMBRUK DI PARUNGPANJANG

PARUNGPANJANG – Miris nian sarana dan prasarana pendidikan sekolah dasar negeri di wilayah tambang galian C Kabupaten Bogor. Seperti yang terjadi pada tembok pagar SDN Lumpang 01, Desa Lumpang, Kecamatan Parungpanjang yang ambruk Senin kemarin (26/2/2018).

Ambruknya tembok tersebut diduga kuat akibat pondasi tembok yang amblas karena lalu lalang truk tambang yang melintasi bahu jalan di depan sekolah tersebut.
“Kejadianya tadi pagi. Saat itu anak-anak sedang belajar, tiba tiba ada suara keras. Dikira ada tabrakan, ternyata tembok pagar sekolah ambruk,” ujar Kepala sekolah SDN Lumpang 01, Icih Kurniasih kepada bogoronline.com, Senin (26/2/2017).

Menurutnya, ambruknya tembok itu sudah diprediksi jauh-jauh hari. Mengingat kondisi jalan di depan sekolah yang rusak, membuat sopir truk tambang menggunakan bahu jalan persis dipinggir pagar tembok sekolah. “bulan lalu sudah miring karena bahu jalan dilintasi truk tambang dengan muatan berlebih. puluhan ton isinya.” terangnya.

Sementara itu, Camat Parungpanjang Edi Mulyana saat dikonfirmasi kepada wartawan mengatakan, kondisi tembok sekolah tersebut sudah lama dibuat dan diperparah dengan konstruksi yang asal-asalan. “letaknya di pinggir jalan. Setiap hari tronton lewat. Getaran akibat tonase muatan truk yang berat menggeser pondasi. Apalagi semalam ada hujan deras turun sampai pagi. Jadi ambruk.” Jelasnya. (MUL)

Comments