Dihantam Truk Tronton Portal Pemprop Jabar Nyaris Ambruk Di Parungpanjang

PARUNGPANJANG – Sebuah portal di jalur Pertambangan di ruas Jalan Raya Mohamad Toha Kampung Malang Nengah RT 01/01, Desa Parungpanjang, Kecamatan Parungpanjang, nyaris ambruk karena tersenggol truk tronton pengangkut pasir.

Menurut warga sekitar, sebuah kendaraan besar truk tronton mengangkut pasir yang melebihi muatan menyenggol bagian atas portal sehingga mengakibatkan bagian batang besi atas portal bengkok, coran retak dan hancur.

“Waktu itu ada kendaraan besar truk tronton muatan pasir yang melebihi kapasitas memaksa lewat saat portal sedikit tertutup, karena muatan yang begitu tinggi dari bak sehingga terkena portal dan terseret, kata Fajar warga kepada bogoronline.com, Selasa 6/03/2018.

Fajar mengatakan, kondisi portal yang sudah rusak ini bisa membahayakan bagi pengendara dan pejalan kaki yang tengah melintasi. “Baud – baudnya sudah pada copot dan corannya juga sudah pada hancur, pokoknya ngeri melihatnya, “terangnya.

Sementara itu, Dalop Parungpanjang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Suwardi mengaku belum ngetahui pasti siapa pelaku oknum supir truk tronton yang menyenggol portal tersebut. “Mau memperbaikinya juga tidak ada biayanya perawatan untuk portal, inikan yang pasang portal dari Provinsi Jawa Barat, nanti saya akan koordinasi sama pihak kecamatan, katanya.

Suwardi menambahkan, masyarakat juga sudah ada yang mengeluhkan terkait kontruksi portal yang nyaris ambruk ini, “iyah itukan betonnya sudah pada pecah, kemudian bagian batang besi portal sudah bengkok, itu harus diganti saja yang lebih aman, supaya tidak makan korban, tukasnya.

Secara terpisah kepala Desa Parungpanjang mengatakan, banyak laporan dari masyarakat yang mengeluhkan tentang portal yang tidak di fungsikan. “Apalagi dengan kondisi yang saat ini sudah rusak seperti itu,” kata dia.

Menurutnya, portal yang sudah rusak seperti itu juga bisa membahayakan pengendara. “Keinginan saya segera ada perbaikan portal tersebut,” pungkasnya. (MUL)

Comments