Dukungan Diani ke Ruyat-Zaenul Dianggap Sudah Tepat

bogorOnline.com

Mantan Walikota Bogor Diani Budiarto beberapa waktu lalu menyatakan dukungannya terhadap paslon Achmad Ruyat-Zainul Mutaqin yang menjadi peserta Pilwalkot Bogor 2018 dengan nomor urut satu.

Ketua GP Ansor Kota Bogor Rachmat Imron Hidayat menilai, sokongan yang Diani sampaikan secara terbuka itu memiliki potensi besar dalam mempengaruhi keputusan pemilih dengan segmentasi tertentu dan yang meragukan kepemimpinan walikota pertahana Bima Arya.

Walaupun di 2014 Diani tidak secara terang-terangan menyatakan dukungannya terhadap juniornya itu, namun publik menilai Diani memiliki kedekatan secara emosional karena didasari pada perjalanan historis keduanya saat Ruyat menjadi Wakil Walikota Bogor dibawah kepemimpinan Diani pada periode 2010-2014.

“Disini, tampaknya Diani tahu betul bahwa dibutuhkan orang yang memahami seluk beluk permasalahan inti kota Bogor secara sistematis dan memiliki kedekatan dengan jajaran birokrat di waktu yang bersamaan. Diani juga dikenal dekat dengan pasangan Ruyat kali ini, yakni Zaenul  seorang tokoh media yang disegani, anggota DPRD dua periode dan karismatis serta memiliki basis pendukung yang besar,” papar Rommy sapaan akrab Rachmat, kemarin.

Karena sudah mengenal gaya kepemimpinan mantan wakilnya selama beberapa tahun, sambung Rommy, Diani tidak sungkan untuk menyatakan dukungannya pada mantan orang nomor dua kota Bogor tersebut. Dalam pernyataannya yang dilansir berbagai media, Diani mengatakan bahwa ia yakin, permasalahan Kota Bogor ini bisa diselesaikan oleh pasangan Ruyat dan Zaenul karena dia tahu kualitas keduanya.

“Lepas dari telah berhasil atau tidaknya Walikota pertahana Bima Arya menangani permasalahan kota Bogor, publik mungkin menilai bahwa pernyataan Diani merujuk pada kondisi riil kota Bogor yang tidak mengalami banyak perubahan dan menginginkan masalah-masalah yang krusial untuk segera ditangani seperti kemacetan yang semakin menjadi, PKL, dan tingkat kesejahteraan masyarakat yang tidak mengalami perubahan yang signifikan,” jelas dia.

Rommy menambahkan, ini adalah pertama kali Diani secara terang-terangan mendukung Ruyat-Zainul dan membuka diri terhadap ekspos media dalam pernyataan dukungannya atau pun foto bersama paslon sambil memberi simbol telunjuk mengacungkan nomor satu.

“Tampaknya pengaruh mantan Walikota dua periode yang berkarir di jenjang birokrasi masih kental di Kota Bogor teutama di kalangan menengah ke bawah dan kelompok Islam dan disinyalir akan menggerogoti kantung-kantung pendukung Bima yang kebanyakan muncul dari kalangan elit dan kelas menengah,” tandasnya. (Nai/ist)

Comments