Jembatan Gerendong Belum Bisa Dilalui Untuk Angkutan Tambang

CISEENG – Rusak parahnya konstruksi besi dan beton jalan di jembatan Gerendong yang sangat membahayakan pengendara kendaraan bermotor, akhirnya mendapat perhatian dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor. Jembatan yang ambrol tersebut akan segera diperbaiki oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas PUPR wilayah VIII Parung.

Seperti diungkapkan Candra Kepala UPT saat dikonfirmasi wartawan. “Ada dua jenis penanganan di jembatan gerendong. Kesatu penanganan tanggap darurat yang sekarang sedang dilakukan, dan yang kedua adalah melakukan penanganan permanen,” ujar Candra melalui media selularnya, Minggu (11/3)2018).

Dia menjelaskan, untuk tanggap darurat pihaknya telah melakukan pengecoran lantai pada area yang berlubang seluas 1 segmen JBT (4,5 × 5) meter persegi. “Perbaikan ini menggunakan plat besi bergelombang (bondex) dibawahnya, daan beton bertulang diatasnya. Mutu beton jenis FS 45,” ujarnya.

Sementara untuk sumber anggaran berasal dari anggaran pemeliharaan jembatan UPT VIII wilayah Parung “kami prediksi waktu pelaksanaan sekitar 2 minggu;” ujarnya.

Sementara penanganan permanen, lanjutnya,  yaotu dengan mengganti lantai jembatan dengan plat ortho seperti yang digunakan pada jembatan Leuwiranji. “Untuk pelaksanaan nya direncanakan pada tahun anggaran tahun 2019. Dengan menggunakan APBD reguler TA 2019, prediksi waktu pelaksanaannya sekitar 4-6 bulan,” jelasnya. (Mul)

Candra menambahkan, untuk penanganan pekerjaan tanggap darurat seperti saat ini, dikerjakan oleh pihak UPT Dinas PUPR. Sedangkan jika dilakukan penanganan permanen, maka akan dikerjakan pihak ketiga. “Semua penanganan (pelaksanaan perbaikan jembatan) dilakukan oleh Dinas PUPR. Karena ini penanganan tanggap darurat. Jadi dikerjakan melalui swakelola UPT. Sedangkan penanganan permanen oleh dinas PUPR melalui pihak ketiga,” terangnya.

Saat dikonfirmasi jumlah besaran biaya anggaran perbaikan, Candra mengatakan belum bisa menyampaikan ke publik karena masih berkoordinasi dengan Dinas PUPR.

Candra menambahkan, dalam pelaksanaan perbaikan jembatan Gerendong ini, pihak UPT juga sudah berkoordinasi dengan Muspika (Camat, Kapolsek dan Danramil) Kecamatan Rumpin dan Kecamatan Ciseeng. “Selama ada kegiatan pekerjaan perbaikan jembatan Gerendong, arus lalu lintas ditutup total untuk sementara waktu.’Pungkasnya. (MUL)

Comments