Indocement Jalin Kesepakatan, Bersama Serikat Pekerja

CITEUREUP –

Sepakati hasil usulan para tenaga kerja, kini Manajemen PT Indocement Tunggal  Prakarsa Tbk secara resmi memberikan kabar gembira dengan ditandai penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) ke delapan dengan tiga serikat pekerja di Aula Masjid As-Salam, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor Rabu (27/4/18). Ketiga serikat diantaranya, Serikat Pekerja Indocement Tunggal Prakarsa di Unit Kerja Citeureup, Bogor; Unit Kerja Palimanan, Cirebon dan Unit Kerja Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan dengan masa berlaku hingga dua tahun kedepan.

Perundingan PKB VIII, dimulai pada 13 November 2017 dan mencapai kesepakatan pada 20 April 2018, bersamaan dengan disepakatinya kenaikan upah dan bonus tahunan dengan menghabiskan waktu selama lima bulan, yang terdiri dari sembilan putaran perundingan. Direktur Utama Indocement, Christian Kartawijaya mengatakan, agar semua pihak dapat melaksanakan isi PKB ini dengan baik dan konsisten. Masing-masing pihak mempunyai kewajiban disamping memiliki hak yang sama sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang  telah diatur oleh perusahaan, serta menjadikan perusahaan tempat wadah untuk berkarya , pengembangan diri, serta tempat untuk berprestasi. “Jaga, rawat, dan tanami ladang ini (perusahaan) dengan hal-hal yang positif, produktif, dan inovatif supaya hasilnya baik dan memberkahi kita dan orang banyak,” ujarnya saat ditemui bogorOnline.com di lokasi.
Christian menambahkan, dengan dihadiri, para pejabat dinas yang mewakili Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kabupaten Bogor, Kadisnaker Kabupaten Cirebon, Hasbi Tawab dan Pejabat yang mewakili Kadisnaker Kabupaten Kotabaru, serta Ketua APINDO Kabupaten Bogor, Alexander Frans, Terkait dengan keberhasilan perundingan Upah dan PKB ke-8 ini, menginginkan adanya sinergitas dari semua tenaga kerja agar bisa maksimal dalam menciptakan hasil yang baik, dan berjuang dalam era yang sulit dan kompetitif. “Saya mengingatkan pada kesempatan ini, sesuai dengan kewajiban organisasi SP yang telah lama tercantum di dalam PKB,  diantaranya ‘Secara sungguh-sungguh menegakkan dan memelihara disiplin kerja, tanggung jawab, dan loyalitas para anggotanya terhadap Perusahaan’ saya rasa harus kita implementasikan dengan baik,” katanya.

Lanjut Christian, penghargaan dan terima kasih pun kepada Tim Manajemen dan Serikat Pekerja, yang telah bersinergi untuk menjalankan peran dan tanggung jawabnya, serta menyadari semua pihak memiliki kepentingan, dengan mengedepankan  kepentingan perusahaan yang diutamakan. “Dinamika perundingan semacam itulah yang diharapkan dapat terus dipertahankan di Indocement, agar kepentingan yang lebih luas, yang mencakup stakeholders dapat dipertanggungjawabkan,”tuntasnya.(rul)