LESTARIKAN DAN SELAMATKAN ALAM, THE GREEN TANAM POHON

RUMPIN – Bencana longsor yang pernah terjadi di wilayah Kecamatan Rumpin

beberapa bulan lalu, menjadi perhatian para aktifis lingkungan yang tergabung dalam komunitas The Green. Didukung pemerintah Kecamatan Rumpin dan Pemdes Tamansari, komunitas The Green melakukan kegiatan menanam pohon dan  penghijauan.

Aksi peduli lingkungan ini dilakukan bersama masyarakat di  Kampung Sukamanah RT 01 RW 05 Desa Tamansari, Kecamatan Rumpin. “Program tanam pohon ini akan dilakukan berkelanjutan di setiap desa di seluruh Kecamatan Rumpin untuk mencegah adanya longsor. Program ini The Green jalankan sebagai aksi nyata dari motto The Green  yaitu hijau alamku senyum bumiku,” kata Sopur, pengawas komunitas The Green kepada sejumlah wartawan, Minggu 27/4

Terkait itu, Sekcam Rumpin Kurnia Indra mengatakan program peduli lingkungan komunitas The Green sejalan dengan niat pemerintah Kecamatan Rumpin untuk menggalakan kembali rehabilitasi lahan dan reboisasi. “Kegiatan tanam pohon ini diharapkan dapat memberi motivasi kepada masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dan pemanfaatan lahan – lahan yang selama ini tidak termanfaatkan,” katanya.

Dia menambahkan, kegiatan ini juga bisa menjadi jalan untuk pembuatan kampung ramah lingkungan melalui program Rumpin hijau. “ke depan akan ada juga pilot projek pengelolaan sampah dan penghijauan. Sudah seribu pohon yang ditanam bersama The Green. Ini semua bertujuan untuk mencegah adanya longsor. Karena beberapa desa di Kecamatan Rumpin memilki wilayah rawan longsor.” Papar Kurnia Indra.

Masih menurut Sekcam Rumpin, kedepan akan ada pengembangan wilayah di bidang wisata. Seperti pemanfaatan lahan bekas galian yang tidak terpakai. “kita bisa manfaatkan itu untuk tempat wisata. Nanti akan dibuat badan usaha milik desa agar dilibatkan dalam.” Pungkasnya.

Sementara Kepala Desa Tamansari Hajmi menyambut baik pengembangan program – program pemerintah Kecamatan Rumpin dan komunitas The Green. Ia mengatakan berbagai program, seperti rencana pembentukan BUMdes dan penanaman pohon, sangat bermanfaat buat masyarakat. “Misalnya, ada program penanaman pohon duren, tentu hasilnya bisa di nikmati nanti oleh masyarakat, sehingga dapat meningkatkan ekonomi warga.” harapnya. (MUL)

Comments


TAG