Pasangan Rindu Bakal Kembangkan Wisata Religi

Bandung – Sektor pariwisata di Jawa Barat, akan mendapat perhatian khusus dan menjadi andalan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di setiap wilayah kabupaten/kota jika pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ullum (Rindu) dipercaya oleh masyarakat untuk memimpin Jawa Barat.

Hal tersebut dikatakan calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 1 Uu Ruzhanul Ullum saat menjadi pembicara bersama Ridwan Kamil dalam dialog paslon gubernur dengan pelaku bisnis Jawa Barat di El Royale Hotel, Bandung, Kamis (26/04/2018).

“Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Pariwisata masuk dalam sembilan program unggulan pasangan Rindu, dan potensi wisata religi di Jawa Barat sangat menjanjikan untuk dikembangkan,” kata Uu.

Dialog yang digagas oleh Kadin Jabar, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) serta Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) ini mengangkat tema “Memperkuat Sinergi Pelaku Bisnis dengan Pemerintah Untuk Memajukan Ekonomi Jawa Barat.”

Dia mengatakan, bahwa jumlah pengunjung ke wisata religi bisa mencapai ribuan orang, terutama saat hari besar keagamaan.” Hal ini tentu dapat mendorong kegiatan ekonomi di sekitar lokasi tersebut,” ujarnya.

Namun sayangnya, imbuh Uu, objek wisata religi di Jabar belum tertata secara optimal. Sejumlah fasilitas belum dapat menunjang kebutuhan para pengunjung seperti akses jalan, lahan parkir, toilet umum, dan prasarana penunjang lainnya.

Padahal jika objek religi mendapat perhatian dari pemerintah maka akan mendorong kesejahteraan masyarakat. Salah satunya pengembangan wisata halal atau syariah.

“Di provinsi lain seperti di Jawa Timur dan Banten, objek wisata religi ditata dengan rapih sehingga bisa menarik banyak pengunjung. Kedepan, kita akan benahi infrastruktur penunjangnya,” imbuhnya.

Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga memaparkan strategi untuk memajukan sektor usaha yang meliputi bidang pariwisata, infrastruktur dan UMKM saat berlangsung dialog bersama sejumlah pelaku usaha tersebut.

Dialog tersebut mengundang secara bergiliran seluruh Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar yang mengikuti kontestasi Pilkada 2018 untuk menyampaikan gagasannya dalam membangun iklim usaha yang baik di sejumlah sektor. (adi/**)