RZ Apresiasi Kekompakan dan Persaudaraan IKM Limkos

Gelar Santunan dan Pengajian Rutin Bulanan

bogorOnline.com

Dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW sekaligus penutupan pengajian rutin bulanan, Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kota Bogor menggelar santunan anak yatim dan dhuafa di gedung sebaguna Minang Limkos Kota Bogor, Kampung Pabuaran, Kelurahan Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Barat, Rabu (25/4/18).

Ketua Penasehat Minang Limkos, Jack Tanjung mengatakan, jumlah warga Minang di Kota Bogor sekitar 20 ribu orang yang meliputi 12.600 Kepala Keluarga (KK), selain peringatan Isra Mi’raj, sekaligus ada pengajian rutin bulanan. Berbagai kegiatan positif rutin dilaksanakan, dari segi kegiatan bakti sosial (Baksos), seperti hari ini IKM melaksanakan kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim-piatu dan janda kurang mampu sebanyak 300 orang yang berasal dari warga sekitar.

“Seperti pepatah mengatakan “Di Mana Bumi Dipijak, di Situ Langit Dijunjung”, disini kita haruslah saling menghormati satu sama lain, dimana pun warga Minang berada kita harus menaati dan menyusuaikan diri beradaptasi dengan masyarakat setempat,” katanya.

Acara tersebut dihadiri oleh ratusan warga sekitar Cilendek Timur dan Cilendek Barat serta warga Minang Limkos Kota Bogor. Pada kesempatan itu pula, tampak hadir calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor nomor urut satu, Achmad Ru’yat  dan Zaenul Mutaqin (RZ) serta tim relawan RZ.

Namun kehadiran pasangan RZ dalam acara itu bukan untuk berkampanye melainkan memenuhi undangan dari pihak IKM Kota Bogor sebagai penceramah dalam peringatan Isra Mi’raj.

Dalam ceramahnya, Achmad Ru’yat menjelaskan tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Harom ke Masjidil Aqso serta ke Sidrotul Muntaha. Dalam perjalanan tersebut, Nabi Muhammad SAW langsung berdialog dengan Allah SWT dan diperintahkanlah Nabi Muhammad SAW untuk menjalankan solat lima waktu yang kini menjadi kewajiban seluruh umat Islam.

“Hari ini saya hadir untuk memenuhi undangan sebagai penceramah. Alhamdulillah, warga yang hadir pun sangat antusias dan suasananya membawa kebahagiaan serta keberkahan. Mudahan – mudahan ini sebagai ajang silaturahmi yang membawa Kota Bogor semakin nyaman dengan keberagaman suku, budaya maupun agama,” ucap Achmad Ru’yat.

Hal senada juga diungkapkan oleh calon Wakil Walikota Zaenul Mutaqin (ZM). Menurut Zaenul, kegiatan tersebut sangat positif. Selain memperingati Isra’ Wal Mi’raj, pada momen ini keluarga besar Minang Limkos Kota Bogor memberikan santunan kepada anak yatim dan dhuafa.

“Ini adalah bukti bahwa keluarga besar Minang Limkos Kota Bogor sangat tinggi kepedulian sosialnya kepada masyarakat sekitar. Sesuai dengan prinsipnya “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijungjung”, ini merupakan contoh bahwa beragam suku bangsa di Indonesia baik dari Minang maupun Sunda dan lainnya, kita semua harus bersatu ketika kita hidup bertentangga dan bermasyarakat,” ungkap Zaenul yang juga Ketua DPC PPP Kota Bogor ini.

Ketua Umum IKM Kota Bogor, Rizal Utami menuturkam, melalui kegiatan ini, Rizal berharap tali silaturahmi antara warga Minang dengan warga lainnya bisa terus terjalin dan semakin erat. Terkait kehadiran pasangan RZ, Rizal mengaku keduanya memang figur pemimpin yang agamis, merakyat dan dekat dengan masyarakat.

“Alhamdulillah dalam kegiatan kami ini Pak Achmad Ru’yat dan Pak Zaenul Mutaqin bisa hadir. Mudah-mudahan beliau berdua bisa terpilih dan menjadi pemimpin yang amanah. Selain itu, setelah terpilih nanti bisa bersinergi antara kami warga Minang dengan Pemerintah Kota Bogor,” tandas Rizal sekaligus Ketua Pembina Minang Limkos. (Nai/ist)

Comments