Tanggung Bulan Rumah Anak Bumi Dan Muspika Parungpanjang Lepas Ikan Cuma – Cuma

PARUNGPANJANG – Meski tanggung bulan ribuan ikan dilepaskan secara cuma – cuma di aliran sungai Cimanceri Ranca Belut Desa Cibunar, Kecamatan Parungpanjang. Selain itu, sinergitas komunitas Rumah Anak Bumi bersama Muspika Kecamatan Parung Panjang juga menanam pepohon di pinggiran sungai tersebut.

“Sungai ini sangat banyaknya manfaat bagi masyarakat sekitar. Untuk itu, harus kita jaga dan merawat bersama sama. Kegiatan tanam pohon dan lepas ikan ini yang bekerja sama dengan Dinas Peternakam dan Lingkungan Hidup merupakan bentuk menjaga sungai,” kata Ridwan Pengurus Rumah Anak Bumi kepada bogoronline. com, Jum’at 27/04/2018.

Ridwan mengatakan, sebanyak 10 ribu ikan Bujaer Nila dilepaskan ke sungai dan menanam bibit pohon mangga sebanyak seratus pohon di sekitar sungai.  Setelah adanya kegiatan seperti ini, masyarakat di harapkan berperan untuk menjaga sungai dan lingkunganny. “Jangan kita cemari sungai ini,” katanya.

Sementara itu, Sekcam Parungpanjang Icang Aliyudin mengatakan, keguiatan melepas ikan dan tanam pohon ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan bersih – bersih sungai dan festival komunitas Rumah Anak Bumi, kemarin.

“Sebelumnya Muspika Kecamatan Parungpanjang bekerja sama dengan Rumah Anak Bumi dan didukung oleh Dinas Peternakan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor untuk menanam benih ikan yang dibantu oleh Dinas Peternakan sebanyak 10 ribu ekor ini sengaja di lepas di sungai Cimanceri Ranca Belut ini, “jelasnya.

Selain itu, Icang juga menuturkan, masyarakat dalam hal ini menjaga sungai Cimanceri Rancabelut ini bersama – sama. “Jangan sampai membuang sampah rumah tangganya ke sungai dan tidak boleh meracun, kalau untuk dipancing memakai kail tidak jadi masalah,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Kapt Inf. Nanang Suryana menambahkan, Kegiatan ini sesuai dengan program Koramil Parungpanjang, Kodim Kabupaten Bogor. “Penghijauan alam dan merawat sungai – sungai ini saya rasa sangat baik.  kegiatan yang di gagas komunitas rumah anak bumi sangat  baik dan saya sangat mendukung dengan kegiatan yang seperti ini,” katanya.

Guna menjaga kelestarian sungai, sambungnya,  TNI akan mengawasi sungai, nanti dari Babinsa akan saya mintakan untuk mengawasi dan
menghimbau kepada warga untuk menjaga sungai Cimanceuri yang sudah kita rawat bersama. “Jika ada yang buang sampah sembarangan tahap pertama akan ditegur, ini merupakan langkah – langkah persuasif pendekatan kita kepada masyarakat, untuk tidak melakukan buang sampah sembarangan,” pungkasnya. (MUL)

Comments