4 Tips Jitu Menghilangkan Malas

Rasa malas sebenarnya wajar saja, muncul pada bagian tertentu pada diri manusia. Jika merasa perlu waktu untuk beristirahat setelah bekerja pada waktu tertentu. Jadi malas itu timbul karena tubuh kita membutuhkan rehat dari aktivitas yang kita butuhkan, namun jika rasa malas ini muncul secara berlebihan maka harus ditangani.
Saya sendiri pernah merasakan malas ketika ingin beraktivitas, biasanya rasa malas muncul ketika saya sedang menggunakan handphone. Saat saya sedang menggunaan telepon pintar ini sesaat saya lupa dengan pekerjaan yang harus selesaikan. Menurut Shavira yang berprofesi sebagai karyawan di perusahaan swasta, saat rasa malas melanda biasanya yang ia lakukan adalah mengingat keluarganya terutama kedua orang tuanya sehingga termotivasi dan lebih giat melakukan pekerjaan atau aktivitasnya.
Menurut Live Science dari msn.com, yang telah melakukan pemindaian dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk meneliti rasa malas. Hasil scan menunjukkan bahwa ketika orang memutuskan untuk melakukan sesuatu, korteks pra-motor pada otaknya cenderung menyala sesaat sebelum titik lain di otak yang mengendalikan gerakan menjadi aktif.
Orang yang malas, korteks pra-motor tidak akan menyala karena koneksinya terputus jika dipakai untuk mendeteksi orang yang malas. Peneliti menduga bahwa koneksi otak yang menghubungkan “keputusan untuk melakukan sesuatu” menjadi tindakan nyata menjadi kurang efektif pada orang yang malas. Akibatnya, otak mereka harus melakukan upaya yang lebih keras untuk mengubah keputusan yang diambil otak menjadi tindakan aksi yang nyata. Kita harus melakukan suatu tindakan agar otak kita mau melakukan sesuatu.
Lantas bagaimana caranya kita mengatasi rasa malas tersebut? Berikut ini tips-tips yang bisa Anda coba untuk menyingkirkan sifat pemalas.
Jauhkan Handphone
Di zaman generasi millenial banyak generasi muda yang terlena dengan telepon pintar ini. Sewaktu bangun tidur otomatis yang kita cari langsung membuka handphone. Hingga menyebabkan pekerjaan lainya tertunda karena asyik menggunakan handphone. Maka dari itu simpanlah handphone, pergunakanlah gadget Anda sewajarnya dan seperlunya saja.
Buatlah Motivasi Hidup
dr. Aloisia Permata Sari mengatakan banyak orang ‘malas’ pada dasarnya tidak malas, tapi menjadi malas karena mereka belum menemukan motivasi yang tepat atau apa yang ingin mereka lakukan, atau karena, karena satu dan lain hal, mereka tidak melakukannya.
Jadi solusinya bisa dengan mencari manfaat atau keuntungan yang bisa membuat Anda termotivasi untuk melakukan hal yang diperlukan. Atau Anda harus segera mencari tahu apa yang sebenarnya bisa membuat Anda merasa berharga, berguna , dan bergairah dalam hidup ini. Temukan tujuan hidup Anda dan pekerjaan apa yang bisa memenuhi hal itu.
Dahulukan yang Lebih Mudah
Semua aktivitas memiliki tingkat kerumitan tersendiri, jika Anda perlu berlatih ataupun beraktivitas tetapi Anda malas maka Anda disarankan mengerjakan sesuatu yang mudah terlebih dahulu.
Karena langkah yang paling sulit adalah memulai, sehingga mulailah aktivitas yang lebih mudah terlebih dahulu. Setelah melakukan hal tersebut pasti lama kelamaan akan terbiasa dan pekerjaanpun selesai.
Bersugesti Bahwa Anda Berhasil
Jika Anda menginginkan sesuatu maka bertingkahlah bahwa Anda telah mendapatkannya. Bersikap disini bukan hanya Anda membayangkan saja, tapi Anda juga berusaha untuk mencapainya dengan cara membiasakan diri bekerja agar apa yang diinginkan tercapai. Jika Anda yakin dan gigih maka akan Anda dapatkan.
Mari kita lakukan kegiatan dari hal-hal terkecil terlebih dahulu. Seperti tidak menggunakan handphone saat bangun tidur dan langsung mengerjakan hal-hal yang perlu dikerjakan. Sehingga sedikit demi sedikit rasa malaspun hilang dan waktu digunakan dengan sebaik-baiknya. (Salma Nafisa Aulia)