APARAT GABUNGAN KECAMATAN KEMANG LAKUKAN PENDATAAN PENGHUNI KOSAN

KEMANG – Puluhan aparat gabungan dari Polsek Kemang, Satpol PP unit Kecamatan Kemang dan Koramil Kemang melakukan pendataan terhadap sejumlah kosan (kontrakan-red) yang ada di wilayah tersebut. Kegiatan pendataan dilakukan di sejumlah kosan yang ada di beberapa desa di Kecamatan Kemang.

“Kami melakukan pendataan rutin, terutama terkait soal administrasi kependudukan baik kartu tanda penduduk (KTP) maupun kartu keluarga (KK). Ini demi ketertiban umum dan kenyamanan wilayah,” ungkap Wakapolsek Kemang AKP Kasimin saat ditemui wartawan dalam giat di Desa Pondok Udik Kecamatan Kemang, Rabu (16/5/2018).

AKP Kasimin menjelaskan, dalam giat ini pihaknya juga memberikan penjelasan dan himbauan agar masyarakat, terutama para penghuni  kosan agar memiliki identitas resmi serta melaporkan keberadaanya kepada pengurus lingkungan setempat.

Dia menambahkan, dalam giat ini, pihaknya menerjunkan 7 anggota Polsek Kemang, 3 anggota Koramil Kemang dan 10 anggota Satpol PP unit Kecamatan Kemang. “Giat ini dilakukan demi menjaga kondusifitas wilayah. Karena tertib administrasi itu penting sebagai wujud partisipasi warga negara menjaga keamanan dan ketertiban.” tegasnya.

Pantauan awak media ini, aparat gabungan tampak mendatangi satu persatu rumah kosan dan menyapa pemiliknya didampingi Ketua RW dan Ketua RT setempat. Sementara Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Kemang Desa Pondok Udik, Aiptu Haryanto menjelaskan, seluruh kosan dan rumah sewa akan dilakukan pendataan guna menjaga kondusifitas dan meminimalisir munculnya gangguan kamtibmas.

“Kami juga melibatkan pengurus lingkungan, aparatur desa serta tokoh masyarakat agar lebih efektif. Kami mendata yang telah memiliki identitas dan yang tidak memiliki identitas. Mereka kami perintahkan agar mengurus data administrasi kependudukannya.” Ujar Aiptu Haryanto didampingi Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil Kemang Serka TB. Jamiul Khoir. (MUL)

Comments