Bupati Nurhayanti Pimpin, Upacara Hardiknas 2018

CIBINONG-
Bupati Bogor Nurhayanti menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Bogor yang digelar lapangan tegar beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor,pada Rabu (2/5).

Saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy, Bupati Bogor mengatakan  Pemerintah telah berupaya membangun dan memperkuat infrastruktur yang dapat menjadi sabuk pengikat pendidikan dan kebudayaan dalam ikatan keindonesiaan. Jalan-jalan baru yang layak dan memadai telah mampu membuka akses wilayah Indonesia yang terpencil, tertinggal, dan terdepan, sehingga terbebas dari isolasi dan saling terhubung. Demikian juga bendungan-bendungan baru yang dibangun dengan cepat dapat mengairi tanah pertanian dan menjadi sumber pembangkit listrik yang menjadikan Desa-desa dan wilayah-wilayah lainnya hidup dengan penuh aktivitas pendidikan dan kebudayaan.

“meskipun terbatasnya sesuai skala prioritas, bangunan-bangunan baru sekolah juga didirikan di wilayah pedalaman dan perbatasan hingga anak-anak dipedalaman merasakan nikmat belajar disekolah yang memadai dan menyenangkan,” katanya.

Nurhayanti juga menekankan bahwa momentum Hari Pendidikan Nasional harus meningkatkan kesadaran seluruh pemangku kepentingan. Sebab, kemajuan pendidikan suatu negara merupakan tanggung jawab bersama.

“Semua pihak harus bergandeng tangan, bahu-membahu, bersinergi memikul tanggung jawab bersama dalam menguatkan pendidikan. Kita optimistis bahwa Indonesia memiliki semua hal yang dibutuhkan untuk menjadi bangsa besar dan maju, asal kita bersatu padu mewujudkannya,”ujarnya.

Ia juga mengatakan Guru, orang tua, dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia.

“Tripusat pendidikan itu harus secara simultan menjadi lahan subur tempat persemaian nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, gotong-royong, dan seterusnya bagi para penerus kedaulatan dan kemajuan bangsa,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bogor memberikan sejumlah penghargaan kepada siswa berprestasi, guru berprestasi, kepala sekolah dan sekolah yang berprestasi di Kabupaten Bogor.(Diskominfo/rul)