Pasangan Rindu Bakal Dorong Pemekaran Subang Utara

Subang – Ribuan masyarakat Subang utara berkumpul di lapangan Desa Kebondanas Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, nereka datang dari berbagai wilayah pantai utara kota subang untuk menyerukan pemekaran Subang Utara atau yang lebih dikenal dengan sebutan pantura untuk bisa mempunyai otonomi sendiri.

“Kami warga subang bagian utara menuntut agar pemerintah bisa memenuhi tuntutan kami untuk bisa mempunyai pemerintahan sendiri,” ujar Dadang Junaedi alias Deje, salah seorang tokoh pantura Subang, Rabu (09/05/2018).

Menurut Deje, tuntutan pemekaran Subang Utara bukan tanpa alasan, namun hasil dari permasalahan yang sering dihadapi dimana warga Subang Utara seolah termarjinalkan dan kurang perhatian dari pemerintah Kabupaten Subang.

“Kami memerlukan pemerataan pembangunan dan pelayanan publik yang cepat, demografi Kabupaten Subang yang luas mengakibatkan akes pelayanan publik menjadi kendala,” ujarnya.

Aspirasi masyarakat Subang Utara ini akhirnya disampaikan kepada pasangan Rindu, melalui kehadiran calon wakil gubernurnya, Uu Ruzhanul Ulum alias Kang Uu, yang hadir dalam acara deklarasi pemekaran Subang Utara.

“Saya berbahagia bisa hadir dan berkumpul dalam acara deklarasi yang digagas para sesepuh pantura,” kata Kang Uu.

Kang Uu pun menyampaikan kepada ribuan masa yang hadir bahwa salah satu misi dari pasangan Rindu jika terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2018 – 2023, yaitu memekarkan Jawa Barat.

Sekarang ini Jawa Barat hanya memiliki 27 kabupaten dan kota, dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia dan demografi wilayah yang luas sudah sepantasnya Jawa Barat ini dimekarkan dibeberapa wilayah.

“Pemekaran wilayah ini dimaksudkan untuk terciptanya fungsi pelayanan yang memadai dan pemerataan pembangunan bagi masyarakat Jawa Barat,” jelas calon wakil Gubernur Jawa Barat ini.

Pemekaran wilayah bukanlah hal yang mudah, karena perlu sinergisitas antara pemerintah daerah dan Dewan yang disetujui oleh Pemerintah Pusat.

“Namun kita harus optimis bahwa untuk kemajuan Jawa Barat kita harus bisa dan kami pasangan Rindu mempunyai niatan kearah sana” tegasnya.

Ada beberapa wilayah di Jawa Barat yang didukung pasangan Rindu untuk dimekarkan diantaranya adalah, Cianjur Selatan, Sukabumi Selatan, Kabupaten Bandung Timur, Tasikmalaya Selatan, Bogor Barat, dan sekarang Subang Utara.

“Dahulu Kabupaten Tasikmalaya hanya satu wilayah, namun sekarang setelah dimekarkan menjadi Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, kedua wilayah tersebut maju pesat, jadi saya harap Subang pun mengalami hal yang sama,” tukasnya. (adi/*)