Tumbuhkan Cinta Tanah Air dan Bela Negara Bagi Generasi Muda, Unhan Gelar PCTA

Sentul – Universitas Pertahanan (Unhan) untuk ke tiga kalinya menyelenggarakan kegiatan Parade Cinta Tanah Air  (PCTA) Lomba Pidato dan Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMA/SMK/MA se Cabang Dinas Pendidikan (CADISDIK) Wilayah I dan II Provinsi Jawa Barat.

Dengan Tema “Teknologi dan Bela Negara Sebagai Kekuatan Generasi Muda Di Era Globalisasi”, kegiatan ini untuk membangkitkan rasa cinta tanah air dan kesadaran Bela Negara dikalangan generasi muda.

Lomba pidato dan karya tulis ilmiah ini dilangsungkan di Ruang Theater Gedung Auditorium Unhan, Kampus Bela Negara Kawasan IPSC  Sentul – Bogor. Kamis, (03/5).

Kegiatan PCTA kali ini menghadirkan dua narasumber juga selaku tim penilai lomba karya tulis ilmiah dan pidato diantaranya Kepala Cabdisdik Wilayah I Disdik Provinsi Jawa Barat yang di wakili pengawas MP Bahasa Indonesia KCD Wilayah I Drs. Abdul Syukur M.Pd dan Pengawas Sekolah Cadisdik Wilayah II Disdik Provinsi Jawa Barat Dr. H. Rahmat, M.Pd.

Selaku tim juri lomba pidato diantaranya Letkol Sus Dr. M.H. Halkis, M.H. selaku ketua tim juri pidato, Dr. Herlina Juni Risma Saragih, M.Si (juri II) , Kolonel Inf Resmanto Widodo, S.Sos, M.M., (juri III lomba pidato), Kolonel Cku Kuswanto, S.H., M.Si., (juri IV lomba pidato), selain itu untuk juri lomba karya tulis ilmiah yaitu Kolonel Kes IDK. Kartawidana S.K.M, M.K.K.K., (Ketua Tim Juri Lomba Karya Tulis Ilmiah), Kolonel Laut (KH) Dr. Panji Suwarno, S.E., M.Si (Juri II KTI), Mayor Ckm Dr. Drs. Mukhtadi, M.M (Juri III KTI), Kolonel Arh Sutrisno, S.Kom (Juri IV KTI).

Unhan sebagai institusi pendidikan tinggi di bawah Kementerian Pertahanan dan Kemenristek Dikti menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi, dalam hal ini terkait dengan aspek pengabdian kepada masyarakat.

Unhan terus berpartisipasi secara aktif membantu meningkatkan pengetahuan dan wawasan Bela Negara kepada masyarakat di wilayah Bogor dan sekitarnya melalui program PCTA.

Menurut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unhan Megy Magdalena L, S.H., M.H. PCTA yang dilaksanakan Unhan diwujudkan dalam bentuk Lomba Pidato dan Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMA/SMK/MA se CADISDIK Wilayah I dan II Provinsi Jawa Barat, telah melalui beberapa tahapan.

Diawali pengiriman karya tulis ilmiah, naskah dan rekaman pidato, untuk final lomba pidato dan karya tulis diikuti oleh 26 orang untuk lomba pidato dan 26 naskah karya tulis ilmiah (KTI) dari 15 SMA dan SMK se-Bogor, dan dalam final ini langsung dilaksanakan di depan para juri.

“Tujuan diadakannya lomba pidato dan karya tulis Bela Negara dalam kegiatan PCTA ini tentu saja tidak hanya sekedar sebagai ajang unjuk kebolehan prestasi masing-masing sekolah, namun lebih dari itu bahwa ajang lomba ini lebih bertujuan sebagai salah satu wadah untuk seluruh Siswa/Siswi SMA/SMK/MA guna menunjukkan kreatifitas dan prestasi yang dimilikinya,” kata Ketua LP2M Unhan, Megy Magdalena L, S.H., M.H. yang mewakili Rekor Unhan Letjen TNI Dr. Yoedhi Swastanto, M.B.A.

Di samping itu, peserta dengan kemampuannya menguraikan landasan teori yang terkait dengan permasalahan yang dibahas, serta ketajaman pembahasan dan menganalisis hasil yang telah dilakukan.

Tak hanya itu, lomba pidato dan karya tulis PCTA  ini juga diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu ajang silaturahmi untuk seluruh Siswa/Siswi peserta lomba pidato dan karya tulis ilmiah Bela Negara dan segenap pendukung, kepala sekolah dan para guru pembimbing di bawah binaan Cadisdik Wilayah I Dan Ii Disdik Provinsi Jawa Barat.

“Diharapakan generasi muda akan dapat memanfaatkan sebagian waktunya untuk kegiatan-kegiatan yang lebih positif dan bermanfaat baik bagi dirinya sendiri, lingkungan sekolah serta lingkungan keluarga dan masyarakat,” harapnya.

Ia juga menekankan, bahwa dalam kegiatan PCTA ini,  yang tidak kalah penting ingin dicapai adalah terus tumbuhnya rasa cinta tanah air, semangat Bela Negara, rasa kebersamaan, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan Bangsa bagi generasi penerus bangsa.

Hasil dari lomba tersebut, juara I Lomba Pidato diraih oleh Haikal Ghifary dengan nilai total 86.222 perwakilan dari SMA N 2 Kota Bogor, Juara II Siti Padilah dengan nilai total 84.570 dari SMA N 7 Bogor, Juara III Ghefira Nur Fatimah nilai total 84.248 dari SMA N 2 Kota Bogor, Juara Harapan I diraih oleh Nelson Edowardo Aprillian nilai total 82.596 dari SMA N 7 Bogor, Juara Harapan II Angginun Juwita Sari Harahap nilai total 82.476 dari SMA N 1 Leuwiliang, Juara Harapan III Dian Agustin nilai total 82.264 dari SMA N 1 Jasinga.

Sedangkan lomba KTI, Juara I diraih oleh kelompok (Kezia Grace Abraham, Nazmi Kusumawantari, Rhea Oktaqiara) nilai total 411.46 perwakilan dari SMAN 2 Kota Bogor, Juara II Zahira Nur Arifah nilai total 407 dari SMKN 1 Kota Bogor, Juara III Kelompok (Feronia Mayliana dan Prameswy Paradibah Karmana) nilai total 403.45 dari SMAN 1 Ciampea, Juara Harapan I Jumadi Anwar nilai total 401.35 dari SMAN 1 Babakan Madang, Juara Harapan II Aldienannisa Devin Salsabila nilai total 394.7 SMAN 7 Kota Bogor, Juara Harapan III Kelompok (Alam Megantoro, Amalia Danti Safa Audia, Safina Handayani Pangestoe) nilai total 392.58 dari SMAN 4 Cibinong.

Kegiatan PCTA selain dihadiri pejabat eselon I, II dan III dilingkungan Unhan juga dihadiri Para Kepala Sekolah dan Guru Pembimbing serta perwakilan Siswa dan Siswi dari 15 SMA dan SMK se-Bogor yang mengikuti final  lomba lomba pidato dan karya tulis dalam program PCTA. (adi)