Uu Akan Perbanyak Tebar Benih Ikan di Waduk

Purwakarta – Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 1 Uu Ruzhanul Ulum berjanji akan merutinkan penebaran benih ikan di tiga waduk yang ada di sepanjang sungai Citarum jika dirinya terpilih memimpin Jawa Barat.

Penebaran benih ikan di tiga waduk tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar tiga waduk yang berada di sepanjang sungai Citarum, yakni Saguling, Cirata dan Jatiluhur.

Selama ini, tiga waduk tersebut banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dengan membuat jaring terapung. Padahal pemerintah pusat melalui program Citarum Harum, mentargetkan seluruh waduk di sepangang Citarum bisa bebas dari keberadaan jaring apung karena menjadi penyebab sendimentasi.

“Seandainya jadi pemimpin Jawa Barat, kami rutin menebar benih ikan, bahkan meningkat setiap tahunnya,” kata Uu ketika melakukan kunjungan ke Dermaga Galumpit, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Rabu (2/5/2018).

Dengan menebar benih, maka diharapkan terjadi pergeseran dari jaring apung ke nelayan tangkap.

Di Tegalwaru kata Uu, banyak nelayan ikan tangkap yang hasilnya sudah diekspor ke luar negeri, sehingga potensi peningkatan pendapatan dari ikan cukup besar.

Ikan yang ditangkap atau tidak melalui budi daya mempunyai nilai jual lebih tinggi jika dikelola dengan baik.

“Kendalanya ikan masih jarang, makanya banyak masyarakat menginginkan ada peningkatan penebaran benih ikan. Itu seperti gayung bersambut, kami memang berkeinginan supaya Citarum itu suci dan mensucikan, artinya airnya bersih dan bisa digunakan untuk membersihkan hadas. Tentu jika kami terpilih akan menebar benih ikan sesuai dengan keinginan masyarakat,” paparnya.

Menurut Uu, benih ikan merupakan cikal bakal ikan yang bisa ditangkap oleh masyarakat. Dengan terus melakukan penebaran benih, maka produksi ikan tangkap bisa meningkat dan dengan sendirinya pendapatan masyarakat juga meningkat.

“Tugas pemimpin itu harus mensejahterakan masyarakat, makanya kami akan terus memperjuangkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (adi/*)