H-4 JELANG PILKADA, RESPON WARGA BIASA – BIASA SAJA

CISEENG – Pilkada Serentak 2018 akan digelar di 171 daerah, yang terdiri dari 13 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten. Termasuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat dan Pemilihan Bupati (Pilbup) Bogor juga akan berlangsung di waktu yang bersamaan yaitu tanggal 27 Juni 2018.

Tidak seperti biasanya, tahun ini meski waktu pelaksanaan pilkada sudah semakin dekat, namun respon warga masyarakat nampak biasa – biasa saja. Seperti saat wartawan media ini mencoba mencari informasi dan bertanya ke sejumlah warga terkait pelaksanaan pilkada Bupati dan Gubernur tersebut.

“Oh milih Bupati sama Gubernur ya. Bener kan tanggal 27 Juni besok ya? Wah belum tau dan nggak kepikiran bang. Masih lebaran juga.” ujar Nyai (43) warga Desa Parigi Mekar saat ditemui di Pasar Ciseeng, Sabtu (23/6/2018).

Hal senada diungkapkan warga lainnya, Dodo (47) yang mengaku jika pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Gubernur tahun 2018 ini kurang mendapat perhatian masyarakat. Dia mengungkapkan, berbeda dengan tahun politik sebelum-sebelumnya, pada tahun ini hiruk pikuk Pilkada kurang greget.

“Biasanya ramai betul sosialisasi dan kampanye pilkada. Mungkin agak sepi karena waktunya pas hari raya dan kebetulan digabung antara Pilbup dan Pilgub. Jadi masyarakat kurang fokus.” Ungkapnya.

Seperti diketahui, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat akan dilakukan bersamaan pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang. Hal ini berdasarkan dari Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pilkada serentak tahun 2018.

Berikut ini tahapan akhir jadwal Pilkada serentak tahun 2018.

24–26 Juni 2018
Masa tenang dan pembersihan alat peraga kampanye.

27 Juni 2018
Pemungutan dan penghitungan surat suara di TPS.

28 Juni–9 Juli 2018
Masa rekapitulasi hasil penghitungan suara oleh KPU.

Selanjutnya penetapan pasangan calon terpilih jika tidak ada gugatan terhadap hasil pilkada ke Mahkamah Konstitusi. (MUL)