Lebaran Tahun Ini, BPJS Cibinong Kenalkan Mudik Nyaman

CIBINONG-

Bagi warga yang ingin melakukan mudik Lebaran tahun ini, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Cibinong memperkenalkan mudik nyaman bersama BPJS kesehatan di kantor BPJS, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor Senin (4/6/18).

Kepala BPJS Kesehatan Cibinong Desi Sri Zulaidah mengatakan, mudik Lebaran 2018 masyarakat tidak perlu khawatir saat Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berpulang ke kampung halaman. Karena H-8 sampai H+8 atau 7-23 Juni 2018, peserta JKN-KIS tetap mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan selama hari libur Idul fitri ditambah tersedianya Fasilitas KesehatanTingkat Pertama (FKTP) bagi masyarakat.

“Prinsip portabilitas pada Program JKN-KIS sesuai dengan peraturan perundangan, peserta dapat mengakses pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat pertama (FKTP), walaupun
peserta itu tidak terdaftar di FKTP karena sudah menjadi bagian dari perianjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dan faskes, dan faskes tidak diperkenankan menarik biaya tambahan,” katanya saat ditemui bogorOnline.com di kantornya hari ini

Desi melanjutkan, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku bagi FKTP Non Puskesmas (Klinik Pratama dan Dokter praktek perorangan) yang membuka praktek pelayanan kesehatan. Apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di wilayah tersebut, atau peserta
membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan, FKTP maka peserta dapat dilayani di IGD Rumah Sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.
Tindakan medis yang diperoleh berdasarkan indikasi medis yang jelas, seperti berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka akan dijamin dan dilayani serta fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta.

“Maka kami menghimbau kepada peserta JKN -KIS diwajibkan untuk selalu membawa kartu JKN -KIS saat mudik lebaran dan jika terlalu risih, peserta pun bisa mendwonload aplikasi BPJS sebagai alat pengganti kartu BPJS dengan fiture mudik BPJS secara gratis,” tambahnya.(rul)

Comments