LOGISTIK PILKADA SERENTAK SAMPAI KE PPK

 

PARUNG – Pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 memasuki tahapan akhir persiapan. Pilkada akan digelar di 171 daerah yang terdiri dari 13 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten di seluruh Indonesia, termasuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub) serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor (Pilbup).

Sejak jadwal dan tahapan awal ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat sesuai Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017, seluruh tugas penyelenggara pemilu di tingkat daerah telah melaksanakannya, demikian juga Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bogor.

“Saat ini sudah memasuki tahapan jadwal masa tenang. Jadi mulai tanggal 24 Juni 2018, seluruh alat peraga kampanye (APK) akan ditertibkan,” ujar Haryanto Surbakti Ketua KPUD Kabupaten Bogor, Minggu (24/6/2018).

Dikonfirmasi terkait kesiapan dan distribusi logistik Pilgub Jabar dan Pilbup Bogor, Haryanto Surbakti menjelaskan, semua logistik Pilkada sudah berjalan dan diharapkan tanggal 25 Juni 2018 akan sampai ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). “Logistik masih berjalan, diharapkan tanggal 25 Juni selesai dan sudah ada di kecamatan,” ujarnya.

Untuk menjamin kelancaran dan keamanan tahapan jadwal pemilihan kepala daerah serta distribusi logistik, sambungnya, KPUD Kabupaten Bogor juga terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak yang terkait dengan hal ini. “KPUD Kabupaten Bogor terus berkoordinasi dengan Panwas (panitia pengawas) dan pemerintah daerah terutama Satpol PP, serta Polri dan TNI.” pungkas Haryanto Surbakti.

Seperti diketahui, tahapan jadwal kampanye sudah memasuki masa tenang selama 3 hari yaitu mulai tanggal 24 Juni hingga 26 Juni 2018. Pelaksanaan Pilkada serentak baik Pilgub maupun Pilbup, akan dilakukan pada hari Rabu tanggal 27 Juni 2018. KPUD Kabupaten Bogor saat ini sedang fokus dalam pendistribusian logistik Pilkada terutama logistik Pilgub Jabar yang masih dalam proses pendistribusian.

Seperti diiungkapkan Andri Haryadi Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Parung saat dihubungi awak media ini, bahwa persiapan dan tahapan jadwal Pilkada di wilayahnya berjalan dengan baik. Untuk logistik Pilkada, PPK Parung sudah menerima bilik suara dan kotak suara dan surat suara untuk Pilbup. “Sedangkan untuk logistik Pilgub kami masih menunggu kabar pasti, terutama untuk formulir C.” ungkapnya. (MUL)