Sukseskan Pilkada, Polres Bogor Kumpulkan Tiga Pilar

Cibinong – Guna menyukseskan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, Polisi Resort (Polres) Bogor mengumpulkan sejumlah unsur tiga pilar di Kabupaten Bogor.

Kepolres Bogor, AKBP A.M Dicky Pastika Gading mengatakan, pihaknya membentuk tim yang akan menjadi ujung tombak Kamtibmas pada perhelatan Pilkada 2018.

“Tiga pilar ini salah satu instansi atau lembaga yang di Indonesia jumlah personel banyak dan ada ditingkat atas sampai bawah, seperti Pemerintahan, TNI dan Polri. Misalkan, Pemkab Bogor hingga desa, Polres sampai Polsek dan Dandim sampai Danramil,” ujar AKBP Dicky, kemarin.

Mantan Kapolres Karawang ini menambahkan, tiga pilar bukan hanya mengantisipasi potensi yang mengganggu Kamtibmas. “Kami membatu penuh bukan masalah keamanaan tapi termasuk masalah lain yang berpotensi terhadap kelancaran Pilkada, seperti distribusi dan pengamanan surat suara,” katanya.

Ia menerangkan, pemerintahan, TNI dan Polri telah duduk bareng untuk mengatur strategi yang akan menyukseskan pesta demokrasi masyarakat di Bumi Tegar Beriman.

“Hampir 1200 orang mulai dari unsur desa, Muspika, Babinkamtimas dan Babinsa telah kumpul untuk menyatukan suara, pandangan dan termasuk juga cara bertindak dalam rangka menyukseskan Pilkada serentak di wilayah hukum Polres Bogor ini,” terangnya.

Labih lanjut ia menghimbau, agar para calon maupun tim pemenangannya tidak melakukan bahkan menyebar segala sesuatu hal yang dapat memprovokatif.

“Kalau ada upaya di Medsos dan merasa ada pihak yang dirugikan itu masalah UU ITE dan dapat dilaporkan ke penegak hukum. Sejauh ini belum ada yang melapor terkait dugaan pelanggaran ITE dalam momentum Pilkada ini. Saya harapkan semua pihak dapat bersaing secara sehat,” imbuhnya.

Ia memaparkan, pihaknya akan terus menjunjung netralitas khususnya Polri yang bertugas di wilayah hukum Polres Bogor.

“Saya pastikan semua anggota netral, karena TNI dan Polri itu instansi yang tidak memilih. Jadi tolong institusi yang menjaga demokrasi ini dihargai juga dengan masyarakat bersama-sama TNI dan Polri menyukseskan Pilkada ini,” tukasnya. (adi)