Imigrasi Bogor Terus Tingkatkan Pelayanan, Proses Pembuatan Paspor 15 Menit Jadi

bogorOnline.com

Proses pembuatan paspor keimigrasian di Kantor Imigrasi Bogor, saat ini cuma butuh waktu 15 menit saja. Tentunya dengan persyaratan yang lengkap.

Hal itu diungkapkan oleh Kasi Lantaskim Imigrasi Kelas I Bogor, Ujang Cahya. Menurutnya, waktu 15 menit itu merupakan sebuah upaya dalam meningkatkan dan penguatan integritas pelayanan kepada masyarakat baik WNI maupun WNA.

“Sekarang ini kami membuka permohonan paspor via Whatsapp (WA). Artinya, setiap pemohon yang hendak membuat paspor terlebih dulu memdaftar via WA agar pemohon itu memperoleh kepastian waktu pelayanan, dan pelayanan yang kami berikan 15 menit. Sementara, hasilnya bisa diambil dalam waktu 3 hari kerja,” ungkap Ujang di Kantor Imigrasi, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tanah Sareal, Kamis (6/9/18).

Ujang melanjutkan, selain itu, Imigrasi Bogor kini telah melakukan program pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBMM). Diantaranya pelarangan calo masuk ke Imigrasi, serta pembayaran yang non tunai.

“Jadi setelah pemohon menerima tanda terima, pemohon langsung membayar secara mobile ke PT Pos Indonesia yang berada di depan Kantor Imigrasi,” imbuhnya.

Terkait calo, pihaknya menegaskan bahwa Imigrasi Bogor akan melarang calo masuk untuk mengurus administrasi paspor. Jadi, Imigrasi ini akan melayani terhadap pemohon yang bersangkutan.

“Jika ada calo, kami akan melarangnya dan apabila petugas kami terlibat atau menjadi calo, kami akan tindak tegas, mulai dari teguran secara lisan dan tertulis hingga pemecatan,” tegasnya.

“Untuk pemohon yang memiliki keterbatasan, seperti difabel atau berkebutuhan khusus akan diprioritaskan, bagitu juga pemohon yang sudah lanjut usia (lansia) begitu juga dengan pemohon yang masih balita atau bayi,” tandasnya. (Nai)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *