PEMBUATAN KTP WARGA : PEMERINTAH KECAMATAN CISEENG LAKUKAN JEMPUT BOLA

CISEENG – bogorOnline.com

Guna memudahkan dan mendekatkan pelayanan  pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik atau yang populer disebut e-KTP, Pemerintah Kecamatan Ciseeng sejak 22 Februari 2019 lalu, mulai melakukan perekaman data e-KTP dengan sistem jemput bola atau datang ke desa – desa di wilayah kecamatan tersebut.

Demikian diungkapkan Nurbaiti selaku Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Pemkec Ciseeng kepada wartawan. Dia menerangkan, Kecamatan Ciseeng terdiri dari 10 desa dan pihaknya sudah melaksanakan perekaman data secara jemput bola di 8 desa.

“Tinggal 2 desa lagi, insyaallah  tanggal 1 Maret 2019 kami akan lakukan jemput bola lagi di Desa Babakam untuk perekaman data permulaan guna mendapatkan SPNIK,” ujarnya.

Nurbaiti menjelaskan, kegiatan terakhir perekaman data e-KTP secara jemput bola yang dilakukan pihaknya, dilaksanakan di Desa Parigi Mekar.

“Ada sekitar 115 orang warga yang hadir dan melaksanakan perekaman data kependudukan. Sedangkan jumlah penduduk Desa Parigi Mekar ada 8. 563 jiwa,” ungkapnya.

Masih kata Nurbaiti, secara keseluruhan penduduk Kecamatan Ciseeng berjumlah 137. 893 jiwa.

Banyaknya jumlah penduduk tersebut, sambungnya, menjadi alasan pihak Pemkec. Ciseeng untuk menyisir dan mendata penduduk yang  belum pernah melakukan perekaman e-KTP.

“Setelah kita melaksanakan pelayanan jemput bola, ternyata masih banyak masyarakat yang belum melaksanakan  perekaman data untuk pembuatan KTP,” tuturnya.

Dia menambahkan, dari setiap kegiatan jemput bola yang dilakukan di desa, rata – rata masyarakat yang hadir lebih kurang 150 orang.

Secara umum, sambungnya, kesulitan yang didapat adalah masalah data di kartu keluarga (KK). Diantaranya, ada yang belum cukup umur, ada anak yang sudah berkeluarga tapi belum membuat KK terpisah dan sebagainya.

“Tapi kami tetap melaksanakan perekaman data, dengan syarat mereka kita arahkan untuk segera membuat KK. Kami juga berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk memfasilitasi pembuatan KK warga. Insya Alloh bulan Desember 2019, perekaman data e-KTP di Kecamatan Ciseeng sudah bisa selesai semuanya,” pungkas Nurbaiti. (Mul)