Festival Kaulinan Urang Lembur 2019, Mewujudkan Panca Karsa Bupati Bogor

Cisarua – Dalam rangka meningkatkan wisata seni dan budaya di Kab Bogor , Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab Bogor kembali menyelenggarakan Festival budaya yaitu ” Festival Kaulinan Urang Lembur 2019″. Hal ini juga sejalan dengan program Bupati Panca Karsa yg salah satunya adalah Karsa Bogor Berkeadaban dimana hal ini bisa diwujudkan melalui festival Seni dan Budaya.

Kaulinan urang lembur sebagai potensi wisata dapat dikembangkan dengan membangun desa wisata yang memiliki kekhasan pelestarian budaya lokal ini. Beberapa daerah telah dikembangkan sebagai desa wisata dengan menawarkan kaulinan urang lembur sebagai atraksi wisata. Ini pun relevan dengan karsa Bogor membangun sebagai bagian keempat dari Panca Karsa.

Festival diselenggarakan sebagai upaya pemerintah daerah untuk mengenalkan dan melestarikan potensi warisan budaya leluhur terutama generasi muda. Selanjutnya, sebagai dampak diharapkan penyelenggaraan festival dapat mendorong pelestarian budaya lokal serta mendorong wisata berbasis desa dan budaya lokal. Hal ini disampaikan oleh Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor, Drs. Rahmat Surjana, M.Si saat membuka acara. Lebih lanjut beliau berpesan agar setiap pihak berperan dalam perwujudan Panca Karsa Bupati melalui segala hal yang dapat dilakukan. Bagi siswa SMP di lingkup Kabupaten Bogor, melestarikan budaya melalui kaulinan urang lembur merupakan bagian dari upaya pencapaian Panca Karsa oleh generasi muda. Guru-guru juga diharapkan tetap membimbing siswa agar tidak melupakan seni budaya Bogor.

Kegiatan ini diselenggarakan di Kawasan Agrowisata Gunung Mas-PTPN 8 Puncak Bogor, 23 dan 24 Maret 2019 dan diikuti oleh 31 SMP di Kabupaten Bogor dengan total peserta 155 orang. Pelibatan generasi muda dimaksudkan agar generasi muda dapat ikut melestarikan budaya leluhur melalui pengenalan terhadap permainan tradisional rakyat di Kabupaten Bogor.

Keluar sebagai pemenang adalah SMPN 1 Sukajaya, disusul oleh juara 2 SMPN 3 Cileungsi, juara 3 SMPN 1 Babakan Madang dan juara Harapan MTS Cendekia. Pemenang mendapatkan piala dan uang tunai sebagai dana pembinaan. Pemenang satu dan dua juga mendapatkan voucher menginap di Kawasan Agrowisata Gunung Mas-PTPN 8 Puncak Bogor.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Kawasan Agrowisata Gunung Mas-PTPN 8 Puncak Bogor, Hotel Sentul 8, Zoom, Gresindo, Turbo, Hotel Haris Sentul, Hotel Renotel Sentul, Grand Mulya Bogor, Salak Pajajaran Hotel, Aston Hotel Bogor, Hotel Neo, Lido Lake Resort, Hotel Salak The Heritage dan J Bound. Sebagai pihak yang dipercaya sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan, Kawasan Agrowisata Gunung Mas-PTPN 8 Puncak Bogor menggartiskan tiket masuk untuk 250 orang peserta dan panitia, 65 kendaraan serta 2 voucher menginap untuk pemenang lomba. (Mul)