Hujan Deras Akibatkan Tanah Amblas di Bogor

bogorOnline.com

Hujan dengan intensitas deras yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya, mengakibatkan sejumlah bencana di beberapa titik kota Bogor, salahsatunya di wilayah Jl. Swadaya RT 04/RW 10 Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara.

Di wilayah tersebut telah terjadi Tanah Amblas yang mengakibatkan amblasnya tiga bangunan, dan 1 bangunan lainnya yang ikut terancam, lokasi kejadian tanah amblas diapit oleh Kali Ciraden dan Kali Ciluer. Mengetahui hal tersebut, Tim Pusdalops-PB dan TRC-PB BPBD Kota Bogor meluncur ke lokasi kejadian dan langsung melakukan Assessment.

Komandan Regu Tim Pusdalops PB BPBD Kota Bogor, Maruli Sinambela menuturkan, sesaat setelah menerima laporan, kami langsung meluncur ke tempat kejadian dan berkordinasi dengan pihak kelurahan serta warga sekitar.

“Kejadian sekira pukul 1.30 WIB. Ada 3 bangunan yang mengalami Amblas, dan 1 bangunan lainnya saat ini kondisinya terancam,” ungkap Maruli kepada wartawan, Sabtu (2/3/19) pagi.

Maruli menambahkan, saat ini, petugas kami standby di lokasi guna membantu warga dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

“Tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa ini, hanya kerugian materil saja,” tandasnya.

Berikut ini adalah data yang mengalami Amblasnya Tanah di wilayah Cimahpar:

1. Masjid Baiturrahman (Bangunan 2 lantai), mengalami amblas sekitar 3 meter. (Namun kondisi bagian dalam Masjid masih utuh seperti semula, masih bisa ditempati).

2. Rumah Milik Ibu Yuyu Yuningsih (masih dalam proses pembangunan, belum ditempati oleh penghuni), amblas sekitar 3 meter. (Kondisi bangunan rusak berat, tidak bisa ditempati).

3. Rumah Milik Bpk. H. Edy (masih dalam proses pembangunan, belum ditempati oleh penghuni), amblas sekitar 3 meter. (Kondisi bangunan rusak berat, tidak bisa ditempati).
Kejadian ini juga menyebabkan menggantungnya pondasi rumah milik Ibu Helfinah Santi 1 KK/3 Jiwa pada bagian dapur rumah dan kamar mandi. (Nai)