KPK Benarkan Rommy Kena OTT

Jakarta – KPK membenarkan pihaknya melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Ketua Umum PPP Romahurmuziy atau Rommy. PPP menunggu resmi penjelasan KPK terkaitOTT Romahurmuziy.

Betul ada giat KPK di Jatim. Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh KPK, bertempat di Polda Jatim,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo, Jumat (15/3/2019).

Informasi yang dihimpun, Rommy ditangkap setelah keluar dari Hotel Bumi, Surabaya. Lokasi penangkapan diduga di sebuah hotel yang ada di Jalan Basuki Rahmat Surabaya.

seorang saksi yang mengetahui peristiwa itu, menuturkan penangkapan dilakukan tim KPK sekitar pukul 08.00 Wib, Jumat (15/3/2019).

Menurut saksi yang bertugas sebagai penjaga JPO (Jembatan Penyeberangan Orang) Basuki Rahmat, saat itu dia melihat ada beberapa orang yang keluar dari tempat parkir di samping kiri hotel.

“Jam 8-an ada orang keluar dari hotel. Keluar dari lobby. Ada rame-rame gitu,” kata saksi mata.

Saksi yang enggan disebut namanya tersebut mengatakan, dari lokasinya yang berada di seberang jalan terlihat ada dua orang yang ditangkap. Sementara itu, ada kurang lebih lima orang yang melakukan penangkapan.

Dia menyebut saat ditangkap, salah satu orang tersebut dipegang kedua tangannya. Sementara satu orang lainnya terlihat dikekep atau lehernya dikalungi tangan. Namun beberapa orang yang menangkap tersebut tidak memakai seragam kepolisian.

“Ada dua orang yang ditangkap. Satunya dikekep, satunya dipegang tangannya gitu. Ada rame-rame orang tapi ndak pakai seragam,” lanjutnya.

Selain itu, saksi tersebut juga melihat beberapa orang yang menangkap, sambil membawa selembar kertas HVS putih. Dia menduga bisa saja itu surat penangkapan.

“Dua orang ini dikejar sama kurang lebih lima orang. Ada salah satu yang bawa kertas (bisa jadi surat OTT),” imbuhnya.

Sekjen PPP Bergegas ke Jakarta

Pimpinan PPP dikabarkan sudah mendapat informasi terjaringnya Rommy dalam OTT KPK. Sekjen PPP Arsil Sani sudah bergegas ke Jakarta.

“Bahwa KPK sudah ngomong ya kita tunggu penjelasan resmi pimpinan KPK. Yang jelas, tadi Sekjen Arsul Sani buru-buru balik ke Jakarta,” ujar Ketua DPP PPP Syaifullah Tamliha kepada wartawan, Jumat (15/3/2019).

Tamliha mengaku tidak tahu persis terkait OTT Romahurmuziy. Namun dia mendapat kabar bahwa Rommy memang tengah berada di Surabaya. KPK sendiri menangkap Rommy di Surabaya, Jawa Timur.

“Saya sedang di dapil, saya nggak ngerti. Tapi tadi saya tanya ajudannya memang benar Pak Rommy sedang berada di Surabaya,” ucap anggota Komisi I DPR itu. (det)